Suatu Pelatihan Yang Demikian …

Syukur Alhamdulillah…

Aura hotel Santika petang ini benar-benar berubah drastis, menjadi penuh ceria, haru dan sorak bahagia saat ujian kelulusan Licensed NLP Practitioner selesai digelar! Betapa tidak, seluruh 32 peserta pelatihan serasa sudah menjadi satu keluarga, setelah selama 7 hari menyelami potensi luar biasa yang diberikan oleh Tuhan YME.

Ah, apa sih yang luar biasa dari suatu pelatihan…? Beberapa orang kadang bertanya demikian pada saya…

Yang luar biasa bagi saya adalah saat menatap sorot mata kawan-kawan peserta pelatihan dan mendengarkan ungkapan perasaan penuh syukur dari mereka. Profil peserta pelatihan ini sungguh-sungguh mengesankan bagi saya, mereka bukan orang-orang biasa, mulai dari trainer-trainer handal Indonesia, pengusaha, konsultan kondang, sejumlah direktur, manajer, sampai fresh graduate yang baru aja bekerja.

Terima kasih ya Tuhan, dan juga terima kasih para peserta dan panitia yang demikian luar biasa.

Pelatihan ini didisain dengan sederhana dalam suatu misi yang jelas…, “Apabila kita menemui orang yang memiliki suatu keluarbiasaan (excellence), sebenarnya kita tengah diingatkan oleh Tuhan YME bahwa sebenarnya kita punya potensi kapabilitas yang sama“.

Hmm, jadi tugas kita adalah tinggal berikhtiar, bagaimana ya caranya melakukan duplikasi (modeling) agar memiliki potensi itu. NLP adalah jawaban yang mantap bagi pertanyaan ini.

Hmmmmmm,

Di sela istirahat saya malam ini, baru sedikit yang sempat saya tuliskan di sini…

Saya akan sambung kemudian tulisan ini…

Ooooh, sungguh suatu pelatihan yang demikian …

Licensed Practitioner of NLP

Sinergy Lintas Batas

Comments

  1. Mas Ronny,
    sepulang dari malam anugerah ( tepatkah..?) atas kelulusan peserta Licensed NLP Practisioner, saya melepaskan ketegangan otot pikiran dengan menonton salah satu siaran TV swasta yang saat itu sedang menyiarkan wawancara khusus reporter TV dengan seorang kyai yang menikahi anak dibawah umur (12 tahun).
    Dalam wawancara tersebut,Sang Kyai mengatakan bahwa dia sudah punya tujuan yang pasti tentang hal yang akan dilakukannya pada tahun depan yaitu akan menikahi kembali anak yang jauh lebih muda umurnya dibanding sekarang ini (8-9 tahun).
    Saya tidak ingin mengomentari pernikahannya,namun bagi saya yang menarik adalah bagaimana dia membuat desired stated yang jelas dan tajam sehingga gambaran akan masa depan lebih terarah,tak peduli dengan umurnya yang dia katakan sudah mulai tua.Padahal sebagian besar orang (uuupss.berapa orang nih?)pada usia masuk kepala empat sudah menunjukkan tanda-tanda kemunduran ..(aha.. limited believe mulai bersarang di pikiran)..

    Hal yang menarik dan luarbiasa buat diri saya adalah saya mulai peka dengan pembicaraan-pembicaraan apapun..Tanda-tanda apakah ini ? saya meyakini bahwa ini adalah tanda-tanda saya mulai hidup baru yang menyatu dengan NLP dalam tiap pikiran,tindakan dan rasa yang dijalani.

    Sukses luar biasa buat anda…Mas Ronny yang telah membimbing saya dan juga teman-teman alumni Licensed NLP Practitioner yang membantu saya menemukan kegairahan baru dalam hidup saya ..

    Salam

  2. Mas Ron…terimakasih utk semua pengetahuan yg diberikan. ini sangat berguna utk kehidupan sy.

    Dalam pelatihan ini byk terjadi perubahan & pengalaman yg luar biasa pada diri saya. Dan pengalaman luar biasa yg belum pernah saya alami & tdk akan sy lupakan adalah saat Time Line Therapy.

    Sebagai rasa terimakasih atas sosok tsb, sdkt sy tuliskan mengenai sosok tsb.

    Bima adalah tokoh yang telah mencapai tahapan marifat. Ia telah mengenal dirinya sendiri dan penciptanya. Sebagai satria pinandita, ia melakukan tapa ngrame agar bermanfaat bagi sesamanya.
    Bima adalah ksatria yang lurus hati, setia, sederhana dan jujur. Kalau sudah menjadi tekadnya, siapa saja akan sulit mempengaruhi, bahkan untuk mencapai cita-cita itu meskipun sampai mati akan ditempuhnya juga.

    Maka perkelahian Sengkuni dengan Bima barangkali bisa ditafsirkan sebagai simbol pertempuran antara hawa nafsu dan kesucian. Peperangan yang terus terjadi dalam diri manusia. Hanya dengan meneladani ketekunan, keberanian dan kekuatan tekad seperti Bima yang menempuh jalan kebenaran dan kesucian, manusia bisa mengalahkan Sengkuni di dalam dirinya.

    Di satu sisi, orang memfitnah sebagai jalan pintas. Di sisi lain, dikatakan bahwa orang yang memfitnah ibarat orang yang meludahi langit, akan terkena ludahnya sendiri. Di satu sisi, ada jalan yang menghalalkan segala cara. Di sisi lain, ada keselarasan alam semesta dan hukum karma.

    Sengkuni licik dan banyak akal, Bima polos dan lugu. Sengkuni menjilat, Bima berbahasa ngoko dan tidak pernah jongkok. Sengkuni penuh ilusi fitnah dan hasutan, Bima telah mencapai kebenaran sejati.

    Semoga makna dari BIMA dapat dijadikan panutan dlm hidup sy dan kita semua. AMIN

  3. Syamsul Hatta says:

    Ya Allah, berikanlah kepada Guruku Ronny FR keberlimpahan yang semakin berlimpah karena dia telah memberikan ILMU yang berlimpah kepadaku dan sahabat-sahabatku. dan jadikanlah ILMU itu dapat menjadi JALAN bagi KAMI untuk MENDAPATKAN RIDHO MU …

    Thanks Mas Ronny …
    Sepulang dari Santika di hari terakhir pelatihan, saya langsung menuju Kantor karena ada pekerjaan yang harus di lakukan. Setiba di Kantor ada seorang teman yang bertanya, “amplop apaan itu Sul.. Gede banged” dan saya menjawab, “ini Sertifikat”. dan teman inipun melihat Sertifikat Hypnotis dan Hypnoterapis. Hal yang mengejutkan saya adalah, teman saya ini berkata “Lu beneran bisa Hypnosis ???” saya menjawab dengan ilmu Kiyai yang diceritakan mas Ronny.. Ilmu Menjawab dengan Pertanyaan hehehe. Saya menjawab .. “Menurut Lu, apa sertifikat ini bisa bebas diberikan kepada seorang yang tidak bisa hypnoterapi ???” dan teman ini menjawab juga dengan pertanyaan (percakapan yang aneh … pertanyaan dijawab pertanyaan dan dibalas lagi dengan pertanyaan) “Lu bisa bantu Gue ???” Hmm menarik, saya diajak ke Ruang Rapat, dan dia mulai menceritakan permasalahan (Rumah Tangga)nya. Saya melakukan Perceptual Potition untuk membantu teman saya ini.. namun tidak dengan berpindah posisi 1,2 dan 3, melainkan saya meminta teman ini untuk naik keatas meja dan melihat dua kursi dibawahnya dimana dia bisa mengimajinasikan ada dirinya duduk di salah satu kursi dan istrinya duduk di kursi yang lain. Saya meminta di untuk mengamati pertengkaran mereka dan melihat akar masalahnya. Dan yang menarik, dia tersenyum dan mengatakan “iya ya … masalahnya kan cuma begitu… tidak sebesar yang gue pikirin sendiri” .. Menarik, teman saya langsung menemukan solusinya … Alhamdulillah … setelah menyelesaikan Ujian dari Mas Ronny, rupanya Allah mau memberikan saya Ujian lagi untuk memastikan bahwa saya memang sudah layak menyandang sebutan PRACTITIONER NLP.

    Thanks Mas Ronny dan Semua Sahabat-sahabatku sesama Practitioner SNLP…

  4. Weleh..weleh..

    begini nih..kalau gurunya keren..murid2nya jadi ikutan keren…

    Satu kata: Saluuut!!!

    Sampai ketemu di Licensed Master Practitioner of NLP, Maret 2009!!!

  5. mantap bos Syamsul langsung ketemu klien, sayapun malam itu jg ada orang yg curhat masalah pernikahan, gak tanggung2 2 orang dlm wkt yg bersamaan (bersamaan krn kita chatting), 1 di bali & 1 lg di jkt. krn 2 minggu lg sy akan ke bali, kita akan janjian disana.

    gmn cerita selanjtnya, tunggu tgl mainnya…

    ayo siapa lagi yg punya pengalaman, ayo sharing….

  6. hendry risjawan says:

    Hari demi hari kita lewati bersama
    Takan bisa kulupakan
    Kenangan indah bersama saling berbagi
    Guruku
    Mungkin aku hanya bisa mengucapkan kata terima kasih
    Atas semua jasa-jasamu dan kesabaran mu dalam mendidiku.
    Sahabatku
    Hanya ucapan terima kasih yang dapat terlontar dari mulutku.
    Hari ini mudah-mudahan bukan hari yang terakhir untuk kita
    Kita akan selalu bersama
    Walau raga kita jauh
    Tapi hati kita selalu dekat
    Dan aku tak sanggup lagi mengatakan hal lain selain terima kasih ku kepada guru dan Sahabatku..

  7. Semalam ke Mega Mall Pluit. Ada yang kasi selebaran promosi Apartemen. Ada kata2 yang lucu :
    Jangan tunda lagi, makin ditunda makin mahal.
    Siapa yang menunda? Makin mahal kata siapa? Emangnya gue mau beli?
    Heheheheheheeh

  8. hanya satu kalimat:

    ‘TUJUH HARI UNTUK SELAMANYA”

    Silahkan di comment, apa meta program saya, presuposisinya apa, meta modelnya apa?

    Salam luar biasa
    Agus

  9. Sharing pengalaman aja, waktu hari terakhir setelam makan siang, kita belajar di luar deket kolam, sambil cari udara dan pemandangan yang “segar”.
    tiba tiba saya mendapat sms dari istri saya isinya” Pa badanku meriang, Aku mau pulang tapi nggak enak, kantor lagi sibuk. enaknya bagaimana ya Pa?” Aku tanya ke teman teman jawabannya macem macem.
    trus aku jawab” Ma bayangkan waktu Mama merasa paling sehat.” itu saja.

    Lah istriku malah pulang jam 11 malam

  10. Haiii, dasar kalian semuaaaaa…………
    Kalian semua telah BERDOSA………..
    Ngomong apa aja sih??????

    Saya khan jadi pengennnnnnnnnnnnnn!!!!!
    Heheheheh

    Weleh weleh weleh
    Bapak2 ini sudah Mas Ronny apakan to?
    Koq trance-nya nggak selesai2?

    Saya sampe ikut2 ketawa2 sendiri dan ikut bahagia. Semakin saya bahagia atas kesuksesan ini semakin saya yakin akan segera mengalaminya pula.

    Mohon do’anya semuanya ya……….

  11. Luar biasa semuanya…,

    Tet teretet… tetetet tetet teretet teteteeeeet teeeeeeeeeeeeeet!!!!

    Well well well …

    Memang benar seperti kata Mas Aman Ciang (Ups, kalau “malam” bagaimana?) :

    Santai saja, ujian sebenarnya adalah setelah kita lulus dari Ujian Pelatihan 7 Hari NLP Practitioner

    Update terus ya kawan-kawan…

  12. Yap…sekarang saya mulai mengantongi buku poket dan post-it ditas saya, dimana saya akan melatih kepekaan , baik digunakan untuk mengidentifikasi meta program orang lain,juga untuk mengasah meta model saya..Lambat laun..buku pocket ini akan mencair..mencair..dan mencair..dan selanjutnya lenyap..dan wusssshhhh…masuk kedalam pikiran saya…Pikiran sayalah yang akan menampung semuanya itu…
    Saya berusaha tapi tolong dibantu dorongan energy doa dari Mas Ronny dan energy batinnya dari Mas Nur…ya

    Terimakasih atas terbukanya open loop pikiran saya..Luar biasa

  13. Luar biasa…

    Mas Adi rupanya men-utilisasi swish pattern dalam seluruh aspek kehidupan.

    Mantap!
    Do’a dan energy kita satukan untuk kebaikan semuanya, bersama.

    Mulai Sekarang!

  14. antonius arif says:

    wah…. dahsyat. beneran nih saya tunggu Master programnya. jangan kelamaan. hahahaha…. udah kebelet kaga tahan :))

    SALAM Mas Ronny. btw, email saya yang terakhir ngga dibalas lagi nih heheehe… saya maklum, karena sibuk.

  15. Sip Mas Antonius…

    Selamat bergabung di next Master Pract!

    BTW, maaf mengenai emailnya ya..
    Ku-cek deh…

    Salam sukses!

  16. Mas Ronny yang luar biasa,
    Kawan2 NLP Pract yang biasa di luar…
    Alhamdulillah hari ini saya sudah bisa online dari rumah ku di Padang.
    Setelah bubaran di Santika, aku langsung menyelesaikan tugas di Century, malam itu juga langsung dapat client (free trial…maksudnya masih gratisan karena masih dalam uji coba). Tapi walawpun free trial hasilnya luar biasa. Si client said, dia merasa PLONG. Plongnya kayak apa, dibandingkan apa,dan seberapa plong pun jangan di tanya ya. Yang jelas si client mendapatkan enlightment dan new way of looking at tantangan.
    thanks one more time for pak Ronny for giving me the tools for helping people.
    God bless all of us…

  17. Halo Uda Hasbi…,

    Selamat ya!
    Sudah ikut menerangi alam semesta ini dengan kabar baik dan keberlimpahan.

    Jadi…
    Makin jelas bahwa sebenarnya laki-laki di ranah minang boleh saja jadi perawat bayi.

    Yang penting bayi-bayinya jangan di stacking saja kayak anchor, eh kayak piring…

    Hehehe

    Sedangkan bagi kawan-kawan yang sudah pulang sampai rumah, tolong pastikan keberadaan akuarium Anda. Supaya nggak diragukan oleh alumni yang lain ke-”cespleng”annya.

    Saat Anda memasuki dapur dan kamar makan, entah apa yang mendorong Anda untuk mulai mengganti “sendok-sendok” yang ada dengan “sendok” baru yang belum pernah dikantongi sebelumnya.

    Ups…
    hayo apa saja presuposisinya?

  18. ZEiN ABIDIN says:

    Bismillah…ini asli Zein yang nulis..bukan..Setannya…hue..he..he..

    Btw…paling nggak dah di remove satu ketika training NLP Pract kemarin. Itu low yang selama ini bikin saya ngga bisa makan sayur secuil pun…

    Thanks untuk-Nya yang meletakkan Zein ditengah guru2 & sahabat2 yang luar biasa di SANTIKA kemarin..

    terima kasih luar biasa buat semuanya…
    Nggak lupa juga titipan doa kebaikan serta salam bahagia toek Mas Ronny & anda semua,..dari istri saya yang ketika makan malam…super surprise liat suaminya..mengunyah daun seledri dengan wajah normal penuh percaya diri..huii..hi..hi..

  19. Welehhh… mau komentar apalagi nih? Menurutku, semua komentar di atas benar-benar dari hati, pengalaman, dan perasaan yang pure. Swear, NLP emang EDAN, guruku Mas Ronny juga emang EDAN! Yang gak ikutan rugi deh… sempetin ikut!

  20. hhhhhhh….hhhhhhhh (silakan Anda baca ini sambil anda menarik napas dengan PEELAAAAN dan DALAAAMMM . . . ., lalu menghembuskan napasnya dengan TENAAANNG . . . . :-)

    alhamdulillah . . . .
    Segala puja & puji hanya untuk dan milik Allah, pemilik Alam Semesta
    yang juga telah mengizinkan saya, & teman-teman belajar yang SUNGGUH SANGAT LUAR BIASA – sampe2 saya orgasme berkali-kali di kelas ini :-)) – untuk belajar dari seorang Guru yang Luar Biasa resource ilmunya, Mas Ronny FR!

    Semakin hari saya semakin menyadari betapa Beruntungnya saya mengikuti 7 days Lisenced NLP Pract ini !

    Alhamdulillah . . . .

    Insya Allah ilmu ini amat sangat bermanfaat bagi kehidupan saya pribadi, berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa & bernegara (eh, apa sih nih ?!) :-)

    Insya Allah ilmu inipun mulai saya gunakan dalam Training, Konseling & Coaching yg sy berikan, mulai saat ini daaan seeterusnyaaaa . . . .

    Terima kasih banyak Mas Ronny
    Hanya Allah yang mampu membalas segala Ilmu & Kebaikan Mas Ronny sebelum, selama & setelah kelas ini !

    Terima kasih Bapak-Ibu rekan-rekan belajar yang SUNGGUH SANGAT SANGAT SANGAT RRRUUAARR BIASA!
    Bahkan beberapa orang peserta saya begitu kagum karena mereka, sudah merupakan orang yang profesinal di bidangnya masing2, tapi masih mau belajar! Sungguh suatu anugerah Allah yang SANGAT LUAR BIASA !
    Beberapa dari rekan-rekan saya ini juga memiliki mental yang berkelimpahan LUAR BIASA !

    Terima kasih semua rekan atas pengalaman ini
    Terima kasih Mbak Ida atas fasilitasinya dalam mengikuti kelas ini
    Terima kasih kepada teman-teman di Synergi Lintas Batas, Mas Noery (Mas Dukun) hehehehe, Mbak Henny, & Mas Aji (Cameraman & Fotografer) + Pak Sule
    Terima kasih juga untuk rekan-rekan TMI (Trainers Management Indonesia) : Mas Agus (Mbah Dukun) hehehehe, Bang Syamsul, Bang Pane & Mbak Budi

    Barakallah alaikum jamii’an!
    Oya, 1 lagi
    Bagi rekan-rekan satu guru satu ilmu NLP dari Mbah Bandler, Siapa saja yang membutuhkan Trainer, Konselor atau Coach, baik untuk menggantikan atau kebanjiran order, Saya Fitra, Siap Membantu !
    Seperti kata Mas Zein, “Ga perlu mikirin biayanya, tapi urusin aja !” hehehehe . . . .
    Please Call me : 0856 932 90 479
    or email me : fitra.faturachman@yahoo.co.id
    Coz u r the LIIIGHT . . . .!!!

  21. Jangan IKUT PELATIHAN INI karena HIDUP ANDA akan BERUBAH ke arah yang JAUH LEBIH BAIK.

    Banyak terimakasih saya haturkan kepada Mas Ronny FR yang mampu mengemas pembelajaran NLP secara mudah dan memudahkan, juga kepada para peserta pelatihan yang luar biasa.

    Sukses besar untuk kita semua!

  22. waw..waw.. waw …
    Semuanya Luar Biasa, Semuanya karena berkat Tuhan saja …
    Ya trainernya …Ya Pesertanya … semuanya DAHSYAT !!
    Saya yakin, tugas mulia kita bisa terwujud … Perluas “peta” orang di sekitar kita demi manusia yang lebih baik !!

  23. hendri harjanto says:

    Dahsyat banget dech pelatihan kemarin, saya gak tau pasti kenapa, tetapi yang jelas saya merasa lebih kreatif menggunakan kata2…saya gak tau dapet darimana kemampuan ini, padahal dulu pas pelatihan jarang2 buka modul…jadi asik dan menyenangkan dengerin orang ngomong…aku juga gak ngerti ini kata2 jenis apa…eh aku baca-baca ternyata milton model..ini apa ya pak Ronny?apakah hasil dari Unconsious Instalaltion.Kok banyak ilmu kayak datang sendiri ya.he2..beneran…
    Untuk memilih pelatihan NLP ingtalah pesan sponsor”Buat anak kok coba-coba”(ambiguity?)pilihlah pelatihan NLP “berkelas” bersama Pak Ronny…

  24. Mas Zein…
    hue hehehe, rupanya setannya sudah di removed satu (yang bikin nggak bisa makan sayur) Huauahahaha…, Saya sampai terpingkal2 bacanya…

    Selamat!
    Hidup sehat dengan makan sayur sehat, bukan karena mau berhemat!

    Salam untuk keluarga, dan si baby…

  25. Mas SOPA..

    Saya memmbayangkan, trainer EdAn di 8-9 November ini bakal makin UEDUN!

    Saya ucapkan terima … kasih,diskon besar untuk anak buah saya….! ini akan berguna sekali…!

    Hihihihi

  26. Mas Fitra…

    Saat Anda membaca jawaban saya ini, sembari jari tangan mungkin memegang scroll keyboard, touchpad, ataupun mouse, secara mudah Anda mulai menyadari bahwa mata Anda yang tengah menatap layar komputer tiba-tiba secara otomatis langsung membayangkan untuk mengikuti Master Practitioner.

    Pikiran secara cepat bergerak dengan mudah, mengoptimalkan sumberdaya yang sudah ada di dalamnya…. untuk menghasilkan demikian banyak sekali projek-projek traiining, konsulting maupun coach yang bernilai puluhan juta rupiah.

    Dan dengan demikian mudah itu terlintas, saat Anda amembaca angka angka di bawah ini :

    10

    9

    8

    7

    6

    5

    4

    3

    2

    1

    Tiduuuur lelaaaaaap
    Ruiiiiiillllllleeeeeeeksssssss

  27. Mas Hian…

    Mantap!
    Jangan memBACA DAN menSETUJUI pendapat Mas HIAN! Karena akan membuat Anda masin tergerak untuk mengikuti pelatihan selanjutnya. Semakin diingat semakin pengin….

  28. Untuk Mas Happy :

    Ingat kata Dora:

    “Katakan peta…! Katakan peta!”

  29. Untuk Mas Hendri :

    Luar biasa, saya yakin semua juga mengalami perasaan yang sama mengenai Unconscious Installation.

    Kalimat yang sma saya katakan waktu pulang dari Orlando :

    “Kok banyak ilmu kayak datang sendiri ya.…”

    He who believes this quotes, will be lucky in his life:

    “TRUST YOUR UNCONSCIOUS”

  30. Dodi Rukminto says:

    Temans,

    Satu hari setelah selesai training, pagi nya saya masih terngiang2 kata2 –> rileeekkkss, gooooooddd, yak betuuulll…. dari suara yg sudah kita “model” bersama… hehehehe… thanks Mas Ron..

    Sharing pengalaman, kalo ada masalah yg bikin bete or sebel, langsung ada self talk “dissassociate” sambil gerakin tangan kayak ngusir kucing “husyah!”, don’t let yourself be in UNRESOURCEFUL STATE… n merem bentar buat ngakses ke state of excellence… SIIP lah!!

    N dengan Law of Attraction yg di singgung dikit ama Mas Ronny pas ngobrol2 di meja makan, tau2 saya dapet DVD player pas yg di rumah lagi rusak. Alhamdulillah!

    BTW, kalo ada yg berkenan utk saya bantu supaya saya bisa terus berlatih hypnotherapi nya (apalagi ttg marketing), do pls call me yah! 0812 94 72 88 6 Dodi Rukminto

  31. Wah para Praktisi memang luar biasa, bahasanya sekarang, uppsss. sekarang nya gak jadi ya. entar makna jadi berbeda, kalau gak percaya baca aja ulang sendiri, pakai sekarang dan tanpa sekarang….

    sekali lagi, selamat kepada Seluruh Praktisi NLP. kehebatan NLP ternyata terletak pada ACTION nya,bukan sertificate…. he…he,… ngomong apa aku ini… masa bodoh ah…

    Ya Allah, semoga Indonesia bisa menjadi Bangsa yang Thaibatun warbul Ghafur…

  32. Luar biasa Pak Dodi…

    Mantap sekali prakteknya…
    Gooood! That’s right!

    Bagaimana kalau Pak Dodi memfasilitasi pertemuan bulanan di Jakarta?

  33. Mas Rahmasyah,
    Terima kasih sudah mampir…

    Apa khabar?
    Salam sukses untuk Anda!

  34. Pak Ronny yang baik…

    Kabar saya Alhamdulillah Luar Biasa Power.
    Pak Ronny, beberapa hari yang lalu, tepatnya dibulan oktober, saya membaca sebuah ebook tentang NLP. Mohon maaf judul dan pengarangnya saya lupa. Ada statement yang cukup menarik dari penulisnya, saya memahaminya ” Tehnik bukanlah NLP, melainkan hasil buah karya NLP”…
    MOhon maaf bila itu mungkin salah penafsiran. Tapi saya Yakin Pak Ronny tau maksud saya… Mohon penjelasannya pak ya…?

  35. Dodi Rukminto says:

    Mas Ron,

    Apa tepatnya yang Anda maksud dengan “menfasilitasi”? hehehehe… kalo sekedar koordinasi ngumpulin temen2 boleh lah for sure… gimana guys??

    BTW, tadi saya ikutan training Marketing Metaphora dari Olson Zaltman Associate, sebuah lembaga riset di Amrik sana yg menggunakan metaphora sebagai their USP… Kalau temen2 tertarik saya bisa share ttg ini dan kaitannya menurut saya pribadi dengan NLP…

    Ciao,

    Dodi

  36. Dear Mas Rahmadsyah yang baik,

    Mengenai pertanyaan Anda perihal Teknik dalam NLP, sebenarnya sudah kita bahas di artikel Pengalaman adalah Guru Terbaik…. (dst)

    Saya kutipkan kembali bagian itu ya Mas :

    Luar biasa, Dr. Richard Bandler mendefinisikan NLP adalah sebagai berikut: “NLP is an attitude and a methodology that leaves behind a trail of techniques”

    Dari definisi itu, dapat kita simpulkan bahwa :

    1. NLP adalah Attitude
    2. NLP adalah Methodology
    3. Sedangkan “Techniques” hanyalah hasil akhir dari dua hal di atas itu. Sayangnya banyak orang lebih terpesona dan fokus belajar teknik-teknik daripada memahfumi dan mengakuisisi attitude maupun methodology ini

    Nah sekarang pertanyaannya apakah yang dimaksudkan dengan Teknik dalam NLP? dan

    Apa pula yang dimaksudkan dengan Tools dalam NLP?

  37. ayok Mas Dodi …, mainkan…
    Kita tunggu kisahnya tentang Marketing Metaphora dari Olson Zaltman… dibahas dalam konteks NLP akan memperkaya kita semua!

    Salute!

  38. antonius arif says:

    Dodi,
    akhirnya kepake juga kan ilmu NLP nya? hahahaha…. padahal dulu ngeledek gue mau jadi dukun apa hahahahaha…..

    sukses dah

  39. Mas Ronny
    gimana dgn rencana follow up kelas ini ? either itu forum, portal alumni, or milis
    kan rencana qta wkt itu mo latihan scr rutin selama minimal 2

  40. terusin ya
    tadi salah pencet
    ga tau ke pencet apaan
    eh jadi ilang gambarnya

    hehehehe

    iya, kan rencana qta wkt itu mo latihan rutin selama minimal 21 hari berturut-turut gitu

    biar pada lancar gitu
    meta programnya, meta modalnya, Milton Model ato HLP nya

    Gimana bapak2 Ibu2 rekan2 seperjuangan di kelas ini ? ada tanggapan ?

  41. Mas Fitra,
    Kita sudah buat milis dan portal, silahkan cek email Anda mas…
    Sudah jalan sejak 3 hari setelah pelatihan lho…

    BTW, karena restriction, maka kita tidak mengumumkan alamat milis di sini.

    Sedangkan untuk portal, sudah tayang (5 artikel dari peserta), namun alamat masih sementara, jadi belum published…

    Thanks

Leave a Reply