Blitz-Reading : Membaca Secepat Kilat
Saya tidak tahu, apakah Anda termasuk orang yang ingin bisa membaca dengan kecepatan fantastik dalam hitungan selembar buku kurang dari sedetik, laiknya seperti memotret atau memfotocopy? Sebagai catatan, tentunya yang saya maksudkan ini berbeda dan jauh lebih cepat dari speed reading. Benar-benar mirip melakukan fotokopi atau memotret halaman bacaan. Dalam cara speed reading, kita masih membaca, dalam arti huruf / kata / kalimat masih dibaca, hanya saja dengan kecepatan cepat. Sedangkan yang saya maksud di sini adalah bukan lagi membaca, namun semacam mendownload, memfotokopi ke pikiran. Inilah Blitz-Reading (BR), teknik mendownload informasi yang melibatkan pikiran sadar (conscious mind) dan pikiran bawah sadar (subconsious mind) secara simultan. Berbeda dengan membaca cara biasa, termasuk speed reading, yang cenderung hanya melibatkan pikiran sadar saja.
Note :
Artikel ini sudah diperbaiki, dipermudah, disempurnakan metodenya dan di konversikan menjadi e-book gratis yang dapat Anda download melalui :
Bagaimanakah hasilnya latihan Anda ?
Silahkan dipraktekkan dan sharing pada bagian komentar di bawah ini.
Filed Under: Education, Hypnosis/therapy, NLP



Comments (129)
Hendry
February 23rd, 2007 at 8:45 AM
ilmu yg sangat luar biasa, so mumpung masih muda, jangan lewatkan untuk belajar ilmu ini krn sgt2 berguna utk kehidupan kita.
Ronny FR
February 23rd, 2007 at 10:56 AM
Betul Mas, selagi punya umur, selagi punya waktu , selagi masih sehat.
Ayo, belajar sampai ke negeri China…
Amel
February 24th, 2007 at 11:21 AM
Wah udah lama kenal Bapak yg satu ini….dengan baik hatinya selalu berbagi ilmu pada siapa saja…
trijoko
February 25th, 2007 at 1:58 AM
Bravo Pak.
Aku minta ijin untuk print buat aku ama istri.
Dia punya bakat photograpic memory. Biar tambah diasah.May God bless U, always.
Ronny FR
February 25th, 2007 at 5:23 AM
Silahkan Pak Joko, memang boleh di print kok. Ntar hasilnya dishare disini ya…
Lee
February 27th, 2007 at 11:31 AM
Pak Ronny,
Apa perbedaannya BR dengan photoreading?
Ronny FR
February 28th, 2007 at 4:18 AM
Dear Lee, thanks atas responsenya…
Secara prinsip, protokol Photoreading lebuh rumit, dan bertele-tele.
BR menghilangkan berbagai langkah yang tidak perlu, dan di blend dengan teknik mental photograhic (ini adalah ilmu induknya PR).
Sedangkan keduanya memiliki esensi yang sama :
1. Kondisi pikiran harus menunjang (acelerated learning, alpha-tetha)
2. Penggunakan shortcut dari mata ke alam bawah sadar.
Thanks
Semoga membantu
daniel kurniawan
March 2nd, 2007 at 4:30 AM
Wah….bung Rony….artikelmu membuat semua pertanyaan tentang ilmu nlp yang selama ini aku pelajari semakin jelas……LUAR BIASA…….Jarang ada penulis yang memberikan tulisan dan membuka teknik nlp secara sederhana sehingga bisa dipraktekkan…….Aku tunggu artikel selanjutnya….yang pasti selalu penuh kejutan….
Ronny FR
March 2nd, 2007 at 5:30 AM
Terima kasih atas tanggapannya.
Saya berharap bung Daniel, bisa sharing juga mengenai pengetahuan dan pengalaman menggunakan NLP.
isetiadhi
March 5th, 2007 at 5:34 AM
Bung Rony dimana saya bisa belajar BR and berapa biayanya
ade
March 8th, 2007 at 5:36 AM
wah pak ronny… artikel bp sangat bangus….
ni saya copy tuk tambahan input saya di bisnis saya, tx banget ya pak…..
ade
March 8th, 2007 at 5:38 AM
o ya… gmn klo kita gabungkan antara bisnis bp yang ini dengan saya punya…. klo bp s7 bp bs kbri saya…. tx
Nuril
March 11th, 2007 at 1:13 AM
mau tanya tentang pelatihan blitz reading
Syamsudin
March 13th, 2007 at 5:48 AM
Mas Ronny yg baik hati, sy udah praktekin BR yg sesperti tertulis diartikel mas Ronny, namun ada yg membuat sy bingung mengenai tahap persiapan seperti ini “bayangkan/rasakan mata Anda berpindah ke atas telinga anda. Lihatlah buku dari arah belakang atas diri anda, jika anda lakukan hal ini, anda akan merasakan suatu pergeseran medan penglihatan. Anda akan melihat dengan pheripheral viewing, dengan suatu sensasi meluasnya bidang pandangan anda, dan bahkan anda akan bisa melihat tangan yang memegangi buku itu.” dlm hal ini kt terlebih dahulu membayangkan kita memegang buku dl ya mas? terus utk visualisasinya itu bth waktu brp lama? apakah bila sdh masuk kondisi alfa/teta kita terus membuka mata dan langsung melakukan anchoring? bukankah pas membuka mata kita sdh dlm kondisi dasar (concsious), trs pas sy melihat buku, mata ini selalu melihat tulisan dibuku dan sedikit terbaca, walau sy sdh memakai metode dgn buku terbalik. Mohon kiranya mas Ronny dpt menjelaskannya ya, terima kasih
Akil
March 16th, 2007 at 8:20 AM
Luar biasa kalau bisa menguasai teknik BR ini…. terima kasih informasinya.
BTW, Seperti pertanyaan mas isetiadhi, dimana bisa belajar BR dengan bimbingan langsung ? berapa biayanya ?
Agus S
March 16th, 2007 at 8:39 AM
Sangat menarik dan saya akan coba.
Untuk artikel hipnotis yang paling sederhana yang cukup untuk hiburan diantara keluarga atau kawan kawan kapan akan Mas Ronny tulis. Ini akan sangat berguna untuk menghidupkan suasan saat pertemuan keluarga, lebaran, reuni dll.
Terima kasih atas kebaikan Mas Ronny berbagi ilmu.
Salam
Ronny FR
March 16th, 2007 at 2:47 PM
Jawaban borongan untuk teman-teman.
Moga-moga tetap semangat!
1. Di Indonesia, setahu saya belum ada yang membuat training sejenis ini. Paling yang ada speed reading.
2. Muga-muga sekitar Juni, kita bisa buat kelas publik untuk ini di Jakarta, soal biaya kita atur nanti. Muga-muga tim manajemen saya agak murah hati.
3. Bingung mempraktekkan persiapan BR?
a. Menurut ilmu NLP, “bingung†adalah state of mind yang baik, pertanda adanya percobaan intergrasi dalam neuro-circuit di otak kita. Dendrit dan neurit sedang berusaha mengintegrasikan jalan-jalan syaraf yang tidak konek dan tabrakan satu sama lain, agar ketemu harmoni dalam circuit yang baru. Jadi terimalah kebingungan sebagai pertanda baik. Lain halnya dengan “frustasiâ€, tandanya percobaan integrasi neuro-circuit susah dan berakhir di kebuntuan dalam usahanya menciptakan jalur baru yang harmonis.
b. Kita tidak perlu membayangkan (visualisasi) bahwa kita sedang memegang buku. Bahkan kita tidak membayangkan apa-apa kok, cuma mengaktifkan peripheral viewing saja.
c. Begini lho tahap persiapan itu:
i. Latih masuk deep alpha/tetha dengan cara apa saja, termasuk bisa menggunakan cara relaksasi /energi / meditasi / dzikir atau cara lain apapun. Saat suah masuk ke deep alpha/tetha, segera buat anchor (lihat artikel tentang anchor), supaya state deep alpha/tetha ini bisa diakses kapanpun.
ii. Berlatih mengaktifkan peripheral viewing (PV), dengan cara membayangkan/merasakan mata kita berada diatas kepala (diatas telinga). Gunakan perasaan/visualisasi, seolah mata anda ada disana. Atau boleh juga anda membayangkan/merasakan keluar dari tubuh, dan kepala anda ada di atas kepala riil anda. Atau bayangkan/rasakan anda menggendong seseorang, dan anda melihat dunia melalui mata orang yang anda gendong itu. Atau bayangkan/rasakan seolah anda meletakkan kacamata diatas kepala (seperti yang sering dilakukan orang jika meletakkan rayben, diatas rambut seperti pakai bando), terus bayangkan/rasakan seolah anda melihat dari kacamata itu. Ingat disini selalu saya tulis bayangkan / rasakan. Jika anda bisa bayangkan, bayangkanlah, jika nggak bisa , rasakan saja.
iii. Latihlah poin diatas ini PV ini setiap hari dimana saja. Misal saat anda sedang di toko buku, dan mencari judul buku tertentu. Caranya, set goal bukunya bertopik (berjudul) apa, kemudian “pindahkan†mata anda keatas. Berjalanlah diantara rak-rak buku, ikuti feeling/kata hati anda. Jika ada semacam bisikan hati/kehendak/dorongan kearah tertentu, ikuti saja. Biasanya anda dituntun alam bawah sadar menuju arah yang benar. Ini bisa dipakai juga mencari barang yang hilang dirumah. Dipakai juga saat lihat pameran , misal pameran rumah, goalnya pengen nyari rumah yang begini dll.
iv. Nah jika sudah terbiasa, anda akan merasakan perluasan medan penglihatan itu. Jk kita ‘paksakan’ dengan penjelasan logika, begini lho. Lebih luas mana medan penglihatan orang dibawah dan orang diatas apabila bergendongan? Pastinya lebih luas yang diatas. Hanya saja, mata yang kita gunakan adalah mata imajiner. Perlu dicatat disini, penggunaan “mata imajiner†ini hanya dipakai saat persiapan (mereview isi buku,melihat struktur dan sebagainya), jadi ya di sini tulisan emang masih terbaca. Karena kita memang harus membaca, belum melakukan BR. Kita disini membaca dalam kondisi accelerated learning. Nah ini akan berbeda dengan saat melakukan BR, kita tidak lagi menggunakan PV ini, tapi menggunakan “mental-photograp stateâ€.
v. Semoga jelas
4. Percobaan hipnotis?
a. Nanti kita tulis di artikel khusus saja ya Mas Agus. Apakah ini Mas Agus Sudarmadji?
Agus S
March 20th, 2007 at 2:11 AM
Terima kasih tanggapannya Mas Ronny. Kebetulan ada beberapa hal tentang anak saya dan adaik ipar saya yang mungkin solusinya adalah melalui terapi mas Ronny.
Maaf saya Agus Sudarmawan dan tinggal di Cimahi Bandung.
Salam saja dan kalau main ke Bandung silakan mampir.
Agus S
Daniel Kurniawan
March 21st, 2007 at 4:22 AM
Simple, sederhana dan mudah diterapkan. Semalam saya mencari botol susu anak yang tidak tahu diletakkan dimana-mana. Pake unconcious, pv tentunya nggak berapa lama dikasih tahu bahwa botol tersebut tempatnya agak tersembunyi. Benar 1 menit kemudian botol tersebut ditemukan dibawah sprei.
Kuncinya praktek aja….coba terus….percaya sama uc kamu pokoknya beres.
Ronny FR
March 21st, 2007 at 1:39 PM
Bravo,
Benar Mas Daniel, aplikasinya seperti itu. Trust your UC.
Saya sering nyari buku di toko Buku atau pameran dengan cara seperti itu dan dapat. Yang penting UC kita tahu goalnya dengan jelas.
Akil
April 28th, 2007 at 2:37 PM
Selamat Malam,
Sori Bung, ingin memastikan kembali. Apakah kelas Blitz Reading yang anda rencanakan ingin dibuka pada bulan Juni hendak direalisasikan ?
Saya tunggu jawabannya. Thanks
edi
May 5th, 2007 at 6:38 AM
Selamat sore, Mas Ronny
Waktu traning canvassing skill di indosat Bandung . saya tdk sempat tanya mengenai cara menghipnotis orang secara singkat dan efektif, tentunya untuk tujuan positif. Tolong dong kasih ilmunya. terima kasih ( Edi dealer Indosat Sakalaguna Jabar )
Yudo Kuncoro
May 18th, 2007 at 6:44 AM
good day….:)
Indra
May 21st, 2007 at 12:57 AM
Pak Ronny, artikelnya bermanfaat sekali nih, saya diharuskan banyak baca, trutama buku2 textbook…karena utk meningkatkan pekerjaan saya juga…btw di artikel khan disebut kita liat dari 4 sudut buku dan bayangkan garis imajiner…nah bagaimana jika yg kita baca itu lembaran, misal hasil print out, brosur ataupun blog dan artikel2 di internet, atau juga ebooks…mohon pencerahannya nih…many thanx
oh yah, saya minat ikut jika ada training BR pak
Thomas
May 24th, 2007 at 6:04 AM
Yth. Pak Ronny yang luar biasa.
Saya ikutan kalau bulan Juni nanti Bapak jadi mengadakan training BR. Semoga saya berkelimpahan dan bisa mengikuti BR yang akan Bapak adakan. Berapapun biaya yang harus saya keluarkan. Soalnya saya punya masalah, kelihatannya alam bawah sadar saya sudah terprogram. Kalau saya sudah mulai membaca, paling 4 s/d 6 halaman mata saya mulai mengantuk, kadang-kadang baru 2 halaman sudah mengantuk. Saya berharap dengan teknik BR ini masalah tersebut bisa diatasi. Tapi ngomong-ngomong, apa benar pikiran bawah sadar saya terprogram dengan sendirinya bahwa setelah membaca 4 s/d 6 halaman mata saya akan mengantuk ? Mohon pencerahannya. Terima kasih.
agus
May 26th, 2007 at 4:06 AM
mantapp mas
Hartadi
June 2nd, 2007 at 11:49 PM
Salam kenal, saya secara gak sengaja ketemu milis ini di google, sangat menarik,saya pernah ikut hipnosis tapi ini ada NLP dan BR luarbiasa.teman2 bisa kasih info kemana kalau mau belajar NLP atau BR? Di indo sudah ada? makasih
abdullah
June 14th, 2007 at 3:11 AM
mas Rony, tehnik ini bisa untuk membantu menghafal kitab suci Al Qur’an gak?
thanks
Ronny FR
July 3rd, 2007 at 5:15 AM
Mas Abdullah,
Teknik ini bisa banget dipakai untuk membantu menghapal Al Qurán. Bahkan, jika kita tahu maknanya, bisa dijadikan cara kita mencari solusi jika sedang dapat masalah kehidupan.
Atau bisa kita belum terlalu tahu makna Al Qurán maka bisa juga dengan cara sring-sering mem-BR Qurán yang ada terjemahan dan arinya. Nah, pas saat ada masalah, lakukan flipping (buka cepat Al Qurán), ikuti kata hati. Bagian yang menimbulkan rasa ingin mampir, langsung dibaca. Insya ’Alloh disitulah ada jawaban dari masalah kita. Pastikan saat menscanning dengan niat yang tepat (niat mencari solusi atas masalah X).
Semoga membantu
Slamet-jbg
July 7th, 2007 at 1:05 AM
Sugeng enjang Mas Roni…..
Dos pundi kawilujenganipun… sae to???
Mas Roni taseh imut dumateng basa jawi nggih..badhe anchoring kemaleh kalian dalem , Mas Roni dalem ngaturaken matur sembahnuwun ingkang agung..bilih menopo ingkang dalem fahami tentang Islam meniko tambah saged mbika’ pengetahuan dalem..Wow ruar biasa.. mas.. Sa’sampunipun wangsul meniko dalem langsung di cobi kalian gusti Allah..yuga sakit puanaas, dalem tenang terus ngambil posisi LOA kalian keyakinan ingkang kuat dalem percados sanget saged maringi energi Positif.. Alhamdulillah Mas saged saras…Leres Mungguhe Gusti ALLah ..menawi Panjenenganipun persis menopo ingkang dados penggalihipun hambaNe…
Matur Suwun..Mugi mugi Mas Roni Sukses..lan ugi Emut lho dumateng ingkang damel kuoso….hi hi..
Salam basa jawi malangan,,,, Dalem ASLI AREMA MAS…!!!
Ronny FR
July 12th, 2007 at 4:34 PM
Sugeng Mas Slamet…
Matur Suwun sampun mampir.
Mugi-mugi tansah sluman slumun slamet saklawase.
Monggo silahkan gabung wonten milis LingkarLOA@yahoogroups.com.
Sami-sami maju ngupayakke lan ngamalaken ngilmu supados dadhos kesae-nan kagem sesami.
Salam sukses
Ronny FR
Joenoes
July 13th, 2007 at 7:13 AM
Sangat menarik + menantang mas. Perlu latihan untuk “melanyah”-kan tool yang ada di NLP. Secara ngak langsung kita sudah pernah melakuken, tapi ilmunya baru sekarang …. Alhamdulillah
Matur nuwun yo Mas.
Ronny FR
July 13th, 2007 at 7:30 AM
Dear Mas Joenoes,
Thanks sudah mampir kesini…
Muga-muga segera “lanyah” ya….
Sharing dong apa saja yang sudah dilakukan…
martono
September 25th, 2007 at 1:34 PM
PAk Ronny ini merupakan artikel yang benar2 menarik sekali, dan sebagai mahasiswa saya sangat tertarik untuk mempraktekkan BR ini, Sebelumnya ada yg ingin saya tanyakan untuk mempraktekan BR ini apakah harus orang yg mengerti dasar2 selfhypnosis seperti merubah gel ke alpha/ theta, anchorin, dll, bagaimana untuk yg orang awam masuk ke tahap itu dan patokannya bahwa seseorang sudah berada di state gel alpa/teta itu apa ?
Ronny FR
September 26th, 2007 at 12:33 AM
Pak Martono,
Mengerti dasar self hipnosis akan lebih baik, namun tidak mengerti pun tidak apa-apa. Ikuti saja petunjuk yang ada diartikel, dengan relaksasi progresif.
Ciri-ciri ke tahap Alpha/ Tetha adalah adanya suatu perasaan yang fokus, tenang, dan senang…
Iwan DS
November 19th, 2007 at 7:33 AM
Mas Ronny yang istimewa,
Saya sedang searching “ericssonian” di web, ternyata mendarat di halaman yang luar biasa ini. Saya pernah ikutan pelatihan Hypnoteraphy tahun ini dan salah satu alasannya adalah mengenai pemanfaatan sub-conscious mind untuk membantu “menghapal”. Bingo! saya salut deh. Mas Ronny saya mau tanya, bagaimana cara yang paling ampuh untuk masuk ke state theta dan mempertahankannya? Btw, kalau pelatihan BR ini sudah ada saya dikhabari ya. Trims.
Anonymous
November 19th, 2007 at 7:56 AM
Luar biasa, saya benar-benar terperangah dari dulu ingin menguasai membaca cepat belum bisa-bisa sekarang baru tahu ada ilmu membaca yang lebih advance. Saya yang masih awam tentang hypnosis bagaimana bisa mempelajarinya. Mas Ronny.
Ronny FR
November 19th, 2007 at 10:14 AM
Mas Iwan DS,
Inilah tandanya kita mengalami Law of Attraction (LoA), vibrasi yang sama saling tarik menarik…
BTW, cara masuk theta bisa macem-macem, lewat musik (brain entrainment), lewat visualisasi, lewat meditasi, lewat nafas, lewat relaksasi, lewat hypnosis, tergantung mana yang paling cocok untuk Anda, itulah cara terbaik…
rian
March 9th, 2008 at 7:01 AM
halo mas Ronny,
kapan dibuka pelatihan BR dalam waktu dekat ini? Kalau ada saya ingin ikut serta. Tolong kabari via email saya..
terima kasih..
Ronny F R
March 10th, 2008 at 12:33 AM
Oke Mas Rian, pasti kita umumkan…
adek
March 27th, 2008 at 5:05 PM
pak…
saya ingin bertanya, apakah benar seseorang bisa dibangkitkan motivasinya hanya dengan hypno theraphy??? sejauh mana motivasi itu bisa dibangkitkan?? apakah sejauh motivasi yang dia miliki saja atau bisa lebih dimaksimalkan dari yang sudah ada sebelumnya??
kalo phobia di bantu dengan hypno saya masih bisa percaya dan yakin..tapi kalo motivasi saya masih bisa ragu,, tolong ya pak dijabarkan sehingga bisa diterima dengan logika saya…
saya masih tabu dengan hypnoteraphy pak..
terimakasih ya pak ronny atas jabarannya…
Ronny F R
March 31st, 2008 at 12:04 AM
Hypnosis adalah komunikasi dengan bawah sadar.
Dengan demikian, jika seseorang memiliki masalah di bawah sadar, maka cara berkomunikasi dan mengatasi masalah itu perlu masuk ke bawah sadar orang itu.
Nah, sekarang pertanyaannya adalah apakah persoalan motivasi itu di bawah sadar atau di alam sadar? Bagaimana menurt Anda?
Kalau persoalan motivasi itu letaknya dia alam sadar, cara menyelesaikannya menggunakan nasehat dan pengertian, bukan hipnosis.
Sayangnya kita tahu, bahwa persoalan motivasi memang lebih banyak di bawah sadar…. Sudah menjadi pola / kecenderungan yang tersimpan rapi di bawah sadar kita…
Nah, secara sederhana demikian penjelasannyta Mas/Mbak Adek…
Banyak ornag tabu dengan hypnosis hany akarena miskonsepsi, karna di pikirannya hypnosis adlah alat untuk menipu, atau mengerjai orang… Itu hanya salah satu sisi hypnosis saja, seperti pedang bermata dua.
Nah, jika hyponosis sedemikian manjurnya bisa dipakai untuk menipu dan mengerjai orang, artinya betapa kuat efek sugesti yang ditanamkan dengan menggunakan hipnosis.
Dan….,
Yang namanya memotivias orang lain / diri sendiri adalah sebenarnya merupakan proses melakukan sugesti juga. Ya khan?
Jadi?
joko purwanto
May 4th, 2008 at 2:59 PM
tuan rony ulasan anda sangat menakjubkan.
bisa minta no telp bapak Ronny F. Ronodhirjo.
Ronny F R
May 5th, 2008 at 2:29 AM
Waduh Pak Joko, saya kok di panggil tuan?
Hehehe, jadi ingat bahasa jaman dulu deh…
Panggil saja saya Ronny…
Silahkan menghubungi tim saya, Ibu Aulia di 021-321-19176
beliau yang mengatur kegiatan saya.
Salam sukses untuk Anda!
halberdian
May 8th, 2008 at 10:43 AM
Wah, mas Ronny, pertanyaan tentang adanya training untuk bisa pake teknik ini kok belum dijawab ya? Saya nanya lagi deh, mas Ronny tau tempat trainingnya gak?
Ronny F R
May 8th, 2008 at 12:24 PM
Mas Halberdian,
Kalau untuk Blitz Reading, khan racikan saya sendiri dari penggabungan berbagai teknik. Jadi ya saya rasa nggak ada orang lain yang punya training ini, kecuali tanpa sengaja kita memberi nama yang sama.
Untuk training saya, muga-muga akhir tahun ini bisa kita jadualkan.
Untuk training sejenis BR, bisa diikuti Photo Reading atau Photograph Reading, adanya di luar negeri. Tinggal googling pasti dapat… Sip!
Antonius Arif
June 1st, 2008 at 5:43 AM
Mas Ronny,
Saya terus terang senang dengan tulisan mas Ronny diatas, karena saya lagi menggali bagaimana caranya bisa belajar dalam tempo waktu cepat. Sampai2 saya membayangkan diri saya menjadi Naruto (Karakter kartun) bisa berubah menjadi 1000 bayangan dan setiap 1000 bayangan bisa belajar semua. jadi pada saat bersatu, ilmu saya menjadi 1000 kali dalam waktu singkat. hehehehe
o ya mas, saya punya kendala, mata saya hanya 1 karena yang sebelah kanan sudah buta. na apakah untuk PV dan membayangkan mata diatas kepala bisa dilakukan? lah wong matanya tinggal 1. jadi blank disisi kanan. Need your advise dan setuju bila mau mengadakan acara dijakarta. pasti saya sangat tertarik.
Salam
Ronny FR
June 3rd, 2008 at 5:50 AM
Halo Antonius Naruto Arif…
Luar bisa…
Bayangkan dengan sepenuh hati deh, libatkan ke lima indra internalmu (Mata, Telinga, Hidung, Lidah dan Kulit). Rasakan hasilnya…
Untuk yang mata satu, jangan gunakan cara cross (X), tapi gunakan cara pembayangan burung di atas kepala aja…
Hilda
June 3rd, 2008 at 6:18 AM
Assalamu’alaikum Mas Ronny, gimana nih ceritanya di Kanada. Trus trang saya excited banget pingin mempelajari NLP, Hypnosis, or BR dengan cara yang benar sampai saya bisa trampil menggunakan untuk diri sendiri, membantu memotivasi anak, keluarga, dan orang yang membutuhkan.Pertanyaannya, supaya pemahaman dan ketrampilan saya terstruktur dan sistematis dalam arti mempermudah saya untuk mempelajarinya dan mempraktekkannya, tahap2an apa dulu yang harus saya ikuti ya? Maklum, saya belum pernah mengikuti training semacam ini sebelumnya, tetapi saya sangat tertarik mempelajarinya. Saya punya pengalaman dalam memotivasi putri saya yang karena penyakitnya yang dialami pada waktu usia 3,5 th dan berlangsung selama lebih kurang 1 tahun (sampai masuk ICU 3,5 bulan dan dirawat 6 bln di RS, dan alhamdulillah akhirnya sembuh setelah berobat di Singapura), membuat putri saya mengalami masalah dalam hal keberanian dan PD, padahal sebelum sakit ia anak yang sangat aktif, berani, dan terkesan tanpa rasa takut. Masalah ini berlanjut saat putri saya masuk sekolah. Sebetulnya ia mampu dan cerdas (terbukti dari hasil rapor dan penjelasan gurunya putri saya cepat menyerap pelajaran), namun karena rasa takut, malu, dan kurang pede, membuat ia kesulitan beradaptasi dan bersosialisasi di lingkungan yang baru. Saya hampir2 desperado menghadapinya. Tapi alhamdulillah saya merasa cukup berhasil memotivasi putri saya dengan metode hypnosis. Saya mensugesti putri saya terus menerus pada saat (kata terapisnya) dalam kondisi Alpha / tetha. Sat ini putri saya terlihat lebih ceria, lebih pede, dan yang menyenangkan hati saya ia sekarang punya banyak teman, terbukti dari banyaknya teman2 yang datang ke rumah sepulang sekolah, padahal sebelumnya ia tidak punya teman seorangpun. Subhanallah, ternyata begitu besarnya kekuatan bawah sadar kita. Saya yakin bila kita optimalkan dengan cara yang benar InsyaAllah kita dapat mencapai kesuksesan tidak hanya di dunia, tetapi InsyaAllah juga di akhirat. Hanya saja saya perlu bantuan mas Roni nih, dari manakah saya memulainya? Bravo mas Ronny, thanks a lot u insightnya. Kabar2i yah.. Wassalam,
Ronny FR
June 3rd, 2008 at 8:35 AM
Dear Hilda yang baik..
Wah luar biasa sekali kisahmu dalam membantu anakmu melewati masa sulit… Alhamdulillah semua sudahterlewati dengan baik, semoga seterusnya senantiasa sehat selalu. Amien.
Bagus sekali apa yang telah Hilda lakukan, dan sebaiknya dipertahankan terus…
Selain itu, jika mengalami masalah lagi, lakukan refrming dengan cara mengubah makna maslah menjadi sesuatu yang lebih positif bagi si anak.
Ada kok tulisannya di artikel lain di blog ini.
Oke,
Nanti sepulang ke Jakarta, kita ketemuan deh..
Salam kenal untuk suami dan anakmu…
Ali Rokhmad
June 5th, 2008 at 4:11 AM
Sesuatu pengalaman yang luar biasa.
Karena untuk tahu harus mampu membaca, bukan sekedar kata tapi juga makna.
Sampai jumpa.
Ronny FR
June 7th, 2008 at 1:19 AM
Benar sekali Mas Ali…
Makanya dianjurkan untuk melakukan BR pada kamus, ensiklopedia, thesaurus, dan lain-lain.
Sehingga memperkaya pemahaman makna kita.
Santoso
June 9th, 2008 at 12:14 AM
Mas Rony, Kapan ada pelatihan Blitz Reading ?
priatna
September 8th, 2008 at 9:09 AM
Terima kasih pak Ronny artikelnya sangat membantu saya.
Ronny FR
September 8th, 2008 at 9:23 AM
Halo Mas Santoso dan Mas Priatna,
Thanks udah berkunjung…
Tunggu info lebih jauh, dan tetap stay tune di blog ini…
winsyah
September 8th, 2008 at 1:28 PM
saya agak terla,bat tahu artikel ini. tapi saya pikir masih sangat relevan. yang ingin saya tanyakan sama mas rony. apa benar tekhnik ini bisa digunakan untuk menghapal Al Quran. Kalau ya wah saya senang sekali karena masih ada harapan bagi saya untuk menghapal Al Quran dengan cepat
trims jazakaAllah
Ronny F R
September 8th, 2008 at 2:28 PM
Teknik ini bisa dipakai untuk meningkatkan pemahaman kita pada bahan bacaan apa saja.
Untuk kebutuhan Al Qur’an, agar pada proses aktivasi berjalan lancar, maka Anda perlu mengenal sulu semua huruf arab dan mampu membaca juga. Sehingga alam bawah sadar mengenali karakter-karakter huruf arab tersebut
amir
September 11th, 2008 at 1:35 AM
Alhamdulillah ktemu ilmu baru lagi,,,
pengen segera mencoba,, tuk menghapal Al-Quran,Hadist,buku kuliah,dan buku yang bermanfaat lainya.
doakan saya yah
terimkasih pak Ronny FR
Ronny FR
September 11th, 2008 at 3:39 AM
Hao Pak Amier,
Silahkan dimanfaatkan dengan baik…
Salam kenal
Fadhil.ZA
September 21st, 2008 at 11:50 PM
Ass wr wb
Wadduh mas Ronny ..bagus banget artikelnya. Saya baru tahu kalau selama ini saya telah menggunakan metode BR ini dalam menghafal ayat Qur’an. Memang tentunya kita harus sudah mengenal huruf Arab dan latin. Alhamdulillah dengan metode ini saya bisa hafal ayat Qur’an berikut terjemahannya dalam bahasa Indonesia.
Saya baru tahu metode BR dari membaca artikel mas ini. Ternyata selama ini saya menghafal Qur’an dan terjemahan dengan cara seperti yang mas jelaskan pada artikel ini. Dalam menghafal secara BR memang yang banyak berperan adalah unconsius mind .
Dalam membaca ayat yang sudah dihafal juga yang memiliki peran utama adalah unconsius mind, persis seperti kalau mengemudi mobil. Kita tidak pernah melibatkan consius mind dimana kita memegang tuas kopling, nginjak persneling dan lain sebagainya. Hafalan yang dibaca terus mengalir bagai air sungai tanpa melibatkan consius mind. Lucunya bacaan akan terputus ..bahkan bisa nyasar ke surat lain kalau kita melibatkan consius mind.
Karena unconsius mind bekerjanya secara otomatis , maka ayat Qur’an yang sudah dihafal berikut terjemahannya tersebut harus sering dibaca dan ditadabburi…wah sungguh asyik. Saya sangat mendukung cara BR sangat ampuh untuk menghafal ayat Qur’an berikut terjemahannya. Ayat Qur’an yang sudah dihafal kalau dibaca dan ditadabburi akan membentuk pola pikir dan sikap hidup yang tangguh.
salam buat mas Ronny
Ronny F R
September 22nd, 2008 at 3:31 AM
Waduh luarbiasa!
Monggo diceritakan bagaimana proses Pak Fadhil dalam mempelajari / mengKaji Al Qur’an dengan metode yanag sejenis.
Menarik sekali untuk kita diskusikan di sini Pak…
Saya tunggu detailnya.
Salam luar biasa
Fadhil.ZA
September 22nd, 2008 at 11:55 PM
Ass wr wb
Mudah mudahan pengalaman saya ini bisa membantu rekan yang ingin menghafal Qur’an berikut terjemahannya. Cara nya memang mirip dengan BR. Saya sudah coba untuk menghafal surat Yasin (83 ayat)berikut terjemahannya butuh waktu 2 bulan…cukup lama maklum saya saat ini sudah termasuk sepuh. Bagi yang masih muda mungkin bisa lebih cepat.
Ambil Al Qur’an yang ada terjemahannya, biasanya halaman sebelah kanan tulisan arab dan halaman kiri tulisan latin bahasa indonesia. Hafalkan 1 ayat disebelah kanan berikut terjemahannya yang disebelah kiri. Pandang seluruh halam kiri dan kanan, endapkan tulisan yang tertera dalam ingatan.
Ucapkan ayat yang dihafal berulang ulang, lisan membaca dalam bahasa arab, fikiran menterjemahkan dalam bahasa indonesia.Mulanya akan sering tersendat karena belum masuk unconsius mind. Gambar mental halaman berisi tulisan yang sudah terekam diotak sangat membantu , tatkala membaca kembali ayat yang dihafal.
Satu persatu ayat Qur’an tersebut dihafal dan terus dirangkai, mungkin sehari 2 atau 3 ayat. Gambar mental halaman Qur’an yang berisi tulisan arab berikut terjemahannya dalam bahasa Indonesia sangat membantu.
Alhamdulillah cara ini sangat membantu saya dalam menghafal Al Qur’an, dan memilih ayat dipertengahan surat yang ingin di baca atau ditampilkan. Biasanya orang yang hafal Qur’an tanpa terjemahannya , agak sulit menampilkan ayat dipertengahan surat kalau tidak dibaca dari awal surat.
Insya Allah dengan memiliki gambar mental tentang halaman yang kita hafal kita bisa menampilkan dan membaca ayat yang kita pilih dari surat yang sudah dihafal. Misalnya surat yasin 83 ayat, kita bisa memilih menampilkan ayat 51 atau ayat 40 saja tanpa harus urut dari permulaan.
Metode ini juga sangat membantu menghafal ayat ayat tematik, yang bisa jadi pegangan hidup. Misalnya surat ali Imran ayat 26-27 tentang silih berganti kekuasan didunia. Ali Imran ayat 14-15 tentang kehidupan dunia. Ayat tematik yang hanya satu atau dua ayat merupakan kalimat presuposisi yang dapat membentuk state dan perilaku kita. Kita bisa menghafal ayat ayat pilihan yang kita butuhkan dengan cepat dan mudah.
Demikian pengalaman saya menghafal Qur’an dengan cara mirip BR yang disampaikan mas Ronny. Mungkin bisa membantu rekan yang berminat menghafal qur’an untuk pegangan hidup.
Ronny F R
September 24th, 2008 at 12:06 AM
Luar biasa!
Matur nuwun atas sharingnya! Saya ayakin bakal berguna bagi kawan-kawan semua.
Bahasan menganai ayat tematik yang dapat diperlakakan sebagai Presuposisi, amat menark perhatian untuk dilakukan.
Wow!
Matur Nuwun, terima kasih
winsyah
October 9th, 2008 at 8:32 AM
Ass wr wb.
Mas saya sedikit cerita, tentang pengalaman istri saya. Dan pengalaman saya sendiri mendidik anak saya
setelah saya ceritakan ilmu baru ini (NLP) kepada istri saya. Istri saya malah balik cerita ke saya tentang pengalamannya, bahwa selama ini dia telah menjalankan NLP tanpa ia sadari. Ia menceritakan bahwa seringkali ketika belajar (menghafalkan)sesuatu istri saya sampai tertidur, Anehnya ketika ia bengun seringkali ia sudah hafal seakan-akan telah menghafalkan materi itu sejak lama. Pertanyaan saya Apakah ini dapat diterangkan melalui teori “By Pas” dari pikiran consius ke unconsius pada waktu memasuki gelombang (keadaan) delta / diambang tidur? perlu diketahui istri saya ini lulus dengan predikat Cumlaud, usia termuda, dan waktu kuliah tercepat seangkatannya.
Yang ke dua sering kali saya menanamkan pola jiwa (karakter) ke anak-anak saya dengan cara mendongeng sebelum tidur dengan cerita tokoh-tokoh yang baik hati dan kisah kepahlawanan (misal: cerita Nabi Muhammad SAW, dan nabi-nabi yang lain, cerita Para orang sholeh dan para Mujahidin) dengan harapan apa yang ingin saya tanamkan kepada mereka segera masuk ke pikiran unconsius mereka. Dan hasilnya sekarang saya tidak terlalu repot mengarahkan perilaku anak saya. kadang bila mereka “NAKAL” saya hanya mengingatkan mereka tentang Anak sholeh, misalnya “lho gitu kok namanya anak sholeh! Anak sholeh itu kan tidak begitu?!” biasanya mereka langsung ingat dan menurut tanpa saya harus “dipukul” agar nurut. Pertanyaan saya apakah cara seperti ini tidak akan memunculkan efek negatif kelak dikemudian hari?
Thanx JazakAllah
ronnyfr
October 11th, 2008 at 10:28 AM
Wa’alaikum salam
Mas Winsyah…
Benar sekali, pengalaman istri Anda kemungkinan besar berhubungan dengan pergeseran kesadaran ke kondisi alpha/theta. Pada kondisi ini, pikiran masuk dalam kondisi mirip/sama dengan hypnotic, yang sangat receptif sekali.
Yang kedua, mengenai dongeng sebelum tidur itu juga bagus sekali. Yang terpentig adalah masalah intonasi kata-kata, dan gesture Anda saat bercerita .
Pastikan Anda mengubah intonasi menjadi nada perintah, saat menasehatkan hal positif kepada anak. Misal begini : “Kemudian Sang Nabi berkata pada sahabatnya : ‘Jadi orang harus berbakti pada orang tua, dan banyak beribadah pada Alloh SWT!’….”
Nah, saat mengatakan ‘Jadi orang harus berbakti pada orang tua, dan banyak beribadah pada Alloh SWT!’ gantilah intonasi Anda menjadi intonasi perintah, seolah memang Anda memerintahkan paa anak Anda sendiri. Dalam NLP ini disebut sebagai embedded command.
Selain itu, biasakan menunjuk ke arah lain saat Anda mencertitakan seorang tokoh yang negatif/nakal/jahat. Sedangkan pas menceritakan anak yang baik/berbbakti, tunjukkan sikap secara tidak kentara bahwa seolaah anak itu berada di posisi anak Anda.
Semoga bermanfaat
Hermawan
October 16th, 2008 at 12:57 PM
Kenapa setelah saya mencoba mem BR sebuah buku, saya seakan hanya melihat halaman buku tersebut, tidak mengerti dan tidak ingat apa-apa tentang buku tersebut. Apakah ada yang salah dengan cara mem BR saya? Saya membaca artikel ini 2 hari yang lalu. Saya coba mem BR beberapa halaman buku lalu tidur. Ternyata tidak berhasil. Lalu kemarin mencoba lagi dengan bantuan musik. Tetapi kenapa masih tidak tahu apa-apa?
Ronny F R
October 19th, 2008 at 4:55 PM
Dear Mas Hermawan,
Peranan niat amat penting dalam langkah preparation suatu BR. Ini akan menentukan bagaimana kinerja alam bawah sadar kita.
Jika niat kita mencoba-coba, jarang akan berhasil baik.. Niatkan untuk lebih bersungguh-sungguh dan mantap.
Tidak diperlukan musik dalam BR ini, yang penting state of mind kita pas!.
Berlatihlah dahulu untuk masuk accelerated learning. Jika merasa sudah mantap, baru mulai mem BR.
Selamat melatih mas…
Feri DS
October 22nd, 2008 at 5:28 AM
“Ketemu” Mas Ronny, saya yakin adalah sebagian dari Jawaban Allah atas harapn-harapan saya untuk menjadi manusia unggul. Semakin yakin saya dengan LoA.
InsyaAllah BR adalah salah satu jawaban dari pencarian itu.
Mas Ronny, hati saya memohon kejujuran njenengan (ga ada maksud apa-apa, cuman ngikuti
Feri DS
October 22nd, 2008 at 5:32 AM
“Ketemu” Mas Ronny, saya yakin adalah sebagian dari Jawaban Allah atas harapn-harapan saya untuk menjadi manusia unggul. Semakin yakin saya dengan LoA.
InsyaAllah BR adalah salah satu jawaban dari pencarian itu.
Mas Ronny, hati saya memohon kejujuran njenengan (ga ada maksud apa-apa, cuman ngikuti unconscious saya saja) apa njenengan ada maksud untuk memperkaya diri dengan ini semua? (ngapunten sanget kalau terkesan ngelunjak)
alasannya begini, saya jg trainer dan masih memikirkan “uang” untuk setiap apa yang saya lakukan, salahkah?
saya menuliskan ini sambil dengan perasaan teraduk-aduk lho mas, suwun tanggapannya.
Kenal njenengan adalah Anugerah Luar Biasa dari Allah kang moho inggil
DEDEN
November 18th, 2008 at 12:21 PM
Mas Ron artikelnya bagus banget cuman saya teh belum ngerti istilah2nya tolong jelaskan sejelas2nya ya ya
Ronny FR
November 18th, 2008 at 5:05 PM
Mas Feri DS yang baik…
Maaf agak terlambat membalas pertanyaannya. Terkubur dalam komentar lain, jadi nggak terbaca. Baru setelah ada pertanyaan lain, jadi muncul lagi di atas.
Saya dapat mengerti pertanyaan Anda ,
Bagi saya sederhana saja :
- Saat berbagi, pikirkan berbagi.
- Saat berbisnis, pikirkan berbisnis.
Saya menghindari mencampur adukkan ke duanya…
Salam sukses
Ronny FR
November 18th, 2008 at 5:07 PM
Kang Deden yang baik,
Jawaban dan arti istilah-istilah semuanya ada kok tersebar di seluruh web ini.
Jika bersabar, pasti akan mudah memahami semuanya…
Srie Sundari
January 13th, 2009 at 12:44 AM
Dear Pak Ronny yang pintar & baik,
Saya mau tanya, sbb :
- Setelah tahap 1 kita lakukan, accelerated learning dalam kondisi alpha, utk mendapatkan kerangka pemikiran, tapi kita khan spt membaca cepat ya, karena masih melihat tulisan.
- Nah, untuk masuk ke tahap 2, apakah kita keluar dulu dari tahap 1, kemudian affirmasi lg untuk masuk alpha untuk melakukan Blitz-Reading.
- Kapan waktu terbaik untuk melakukan BR, apakah hanya malam hari menjelang tidur, lebih mudah masuk kondisi alpha? Atau efektif jugakah bila dilakukan tidak menjelang tidur, misalnya pagi, siang atau sore hari?
- Dalam sehari maksimal berapa kali kita boleh melakukan BR untuk buku yang berbeda? Kalau belum berhasil BR untuk 1 buku, apa yang sebelumnya harus dilakukan untuk mengulangi BR pada buku yang sama?
- Untuk pemula, sebaiknya dimulai pada buku ketebalan berapa halaman agar berhasil melakukan BR? Karena saya memulainya dengan buku 300 hal, apakah terlalu tebal sehingga rasanya sih kurang berhasil.
Demikian Pak Ronny yang baik & pintar beberapa pertanyaan dari saya, mohon jawabannya segera ya agar dapat mempraktekan BR ini dengan baik, atau ada pelatihannya? Mohon infonya, ya!
Thanks a lot,
Sundari
Mengatasi dilema membaca sebanyak-banyaknya dalam waktu sesingkat-singkatnya « Sanggita
January 14th, 2009 at 4:02 PM
[...] Ingin memiliki kemampuan seperti beliau-beliau itu? Silahkan simak tulisan Mas Yodhia Antariksa tentang bagaimana menuntaskan sebuah buku tebal hanya dalam hitungan satu – dua jam saja. Atau yang lebih ekstrem lagi, Pak Ronny FR – pakar NLP – berbagi tips mengenai blitz reading, yaitu cara membaca secepat kilat. [...]
budimeeong
January 14th, 2009 at 4:43 PM
wuahhhhhhhhhhh….saya coba om….do’ain yah…
Ronny FR
January 20th, 2009 at 12:23 AM
Dear Bu SUndari yang juga pintar & baik,
Ini jawabannya
- Setelah tahap 1 kita lakukan, accelerated learning dalam kondisi alpha, utk mendapatkan kerangka pemikiran, tapi kita khan spt membaca cepat ya, karena masih melihat tulisan.
Benar
- Nah, untuk masuk ke tahap 2, apakah kita keluar dulu dari tahap 1, kemudian affirmasi lg untuk masuk alpha untuk melakukan Blitz-Reading.
Tidak perlu keluar lagi. Lakukan dalam kondisi alpha juga.
Afirmasi tidak harus dilakukan, cukup niat yang bulat.
- Kapan waktu terbaik untuk melakukan BR, apakah hanya malam hari menjelang tidur, lebih mudah masuk kondisi alpha? Atau efektif jugakah bila dilakukan tidak menjelang tidur, misalnya pagi, siang atau sore hari?
Kapan saja bisa dilakukan, yang penting cukup rileks dan pikiran tenang.
Kemudian pastikan inkubasi dengan istirahat / tidur.
- Dalam sehari maksimal berapa kali kita boleh melakukan BR untuk buku yang berbeda? Kalau belum berhasil BR untuk 1 buku, apa yang sebelumnya harus dilakukan untuk mengulangi BR pada buku yang sama?
Tidak ada batas,
Untuk belajar awal mungkin supaya terasa hasilnya dibatasi dulu gak papa.
- Untuk pemula, sebaiknya dimulai pada buku ketebalan berapa halaman agar berhasil melakukan BR? Karena saya memulainya dengan buku 300 hal, apakah terlalu tebal sehingga rasanya sih
kurang berhasil.
Untuk pemula, paling biak dengan latihan dari artikel / buku tipis saja.
- Demikian Pak Ronny beberapa pertanyaan dari saya, mohon jawabannya segera ya agar dapat mempraktekan BR ini dengan baik, atau ada pelatihannya? Mohon infonya, ya!
Sip Mbak!
Thanks a lot juga
Sundari
Ronny FR
January 20th, 2009 at 12:25 AM
Mas Budi meong,
Selamat mempraktekkan.
Hindari “mental set” mencoba. Lakukan dengan sungguh2 di setiap langkah, dan yakin.
Sukses untuk Mas
Hernando Andrianto
January 23rd, 2009 at 5:56 AM
Dear pak Ronny FR,
Pak, saya mahasiswa UPH tertarik dengan konsep blitz reading ini.
Menurut saya BR sangat bermanfaat khususnya bagi lingkungan mahasiswa,
apakah bapak bersedia jika diundang untuk menjadi pembicara untuk seminar bertopik Blitz reading>?
Ronny F R
January 23rd, 2009 at 7:35 AM
Boleh saja Mas..
Silahkan kontak Bu Ida di 021-32119175
mastono
February 5th, 2009 at 6:26 AM
Mas Ronny,
Apakah ini bisa diajarkan untuk anak-anak?
Ronny FR
February 10th, 2009 at 1:40 AM
So pasti mas Tono…
Salam untuk Yogyakarta…
mastono
February 10th, 2009 at 12:12 PM
Ya itulah maka buat acara ini di Jogja,
Mahasiswakan banyak saya yakin banyak yang mo ikut, biar saya & anak2 juga bisa ikutan.
Ronny FR
February 10th, 2009 at 5:22 PM
Sip Mas…
Kalau mas bisa membuat acara ini dihadiri >1000 orang saya bersedia datang…!
Kerjasama dengan media dan sekolah akan mempermudah proses pelaksanaan mas…
HaRSa
February 17th, 2009 at 6:10 PM
Pak Ronny..
saya pernah lihat Bapak ngajari orang2 waktu kita seminar NLP di Mega Anggrek tahun kemaren ( waktu itu pas jam istirahat ). Inget kan pak ?
saya masih susah banget waktu itu karena saya agak terbatas kalau disuruh “membayangkan mata naik”.
Nah…kalau skrg ada workshopnya tolong dipercepat ya pak, trus hubungi saya.
makasih ya pak…
Ronny FR
February 25th, 2009 at 5:32 AM
Halo Mas Harsa,
Kalau susah membayangkan, gak papa. Cara lain adalah merasakan saja…
Sip khan?
fd
February 25th, 2009 at 10:45 AM
kapan ada training blitz reading? ditunggu pak? biayanya brapa? mahasiswa ada diskon brapa
ronnyfr
February 25th, 2009 at 12:16 PM
Halo mas…
Jadual dan pengumuman pelatihan ada di http://www.belajarnlp.com
Salam kenal
fd
February 25th, 2009 at 3:30 PM
mana pak? ga ada jadwal blitz readingnya? bisa tolong di email ke saya funkyteletubbies@Yahoo.com kalo ada training blitz selanjutnya berikut biaya dan diskonnya untuk mahasiswa. thx
Ronny FR
March 3rd, 2009 at 11:30 PM
Sip Mas / Mbak FD, kalau ada jadual, nanti kita pasang di blog ini…
rudy
March 9th, 2009 at 1:22 AM
om ronny….
saya mau nanya….
saya sudah mendownload software brainwave generator di http://www.bwgen.com...
pertanyaannya…..
brp lama waktu yang dibutuhkan untuk masuk ke level accelerated learning??
apa tandanya bila kita sudah masuk ke level accelerated learning???
Ronny FR
March 9th, 2009 at 9:14 AM
Mas Rudi yang baik…
Waltu untuk masuk ke acc learning, sangat tergantung dari diri masing-masing…Ini adalah semacam kita mentraining otak kita ..
Beberapa orang sangat cepat untuk bisa “mentraining” otaknya untuk masuk ke frekuensi ini, beberapa perlu usaha lebih lama….
Apa tandanya ?
Jika kita merasa nyaman…, dan merasa amat gampang sekali menyerap informasi ke dalam pikiran….
rudy
March 10th, 2009 at 9:22 AM
berarti, setelah kita mendengar suara dari brainwave generator kita harus mengetesnya dengan membaca buku dan melihat apakah kita mudah menyerap buku tersebut atau tidak. benar tidak?
Ronny F R
March 12th, 2009 at 11:39 PM
Bisa ditest dengan berbagai cara.
KOndisi accelerated learning membuat kita mudah dalam menyerap informasi, tika hanya dalam membaca buku saja.
Acc learning = percepatan belajar.
Abi naila
March 18th, 2009 at 10:45 AM
Pak Ronny,
Setelah saya mengdownload dan membaca tentang Unconscious Blitz-Reading (BR),
ada pertanyaan tentang bagaimana menerapkannya jika kita membacanya melalui media internet (e-book) apakah kita haru menemukan terlebih dahulu point-point seperti tepi buku, titik central (x) dll, karena ini berbeda dengan membaca dengan buku yang secara fisik kita bisa rasakan?
Terima Kasih,
Ronny FR
March 24th, 2009 at 3:27 AM
Halo ABi,
Idenya adalah membuat jatuhnya bayangan tidak di titik fokus, namun kita malah fokus pada halaman putih.
Jadi supaya tulisannya masuknya ke bawah sadar…
Taufik
April 13th, 2009 at 10:42 AM
Pak Ronny,
saya sudah coba lakukan namun pada tahap awal memang agak sulit, jadi fokusnya dihalaman putih bukan di sudut bukunya ya. mohon bimbingannya
Taufik
April 13th, 2009 at 10:43 AM
Pak Ronny,
saya sudah coba lakukan namun pada tahap awal memang agak sulit, jadi fokusnya dihalaman putih bukan di sudut bukunya ya. mohon bimbingannya
terima kasih
Ronny FR
April 15th, 2009 at 10:24 PM
Benar Pak Taufik….
Salam
Joe
April 20th, 2009 at 3:51 AM
Pak Ronny..
Kapan nich ada training tentang ini ? Bener-bener bagus nich training seperti ini. Ciri ciri orang sukses salah satu nya kan banyak membaca buku-buku positif
.
Ronny FR
April 20th, 2009 at 1:00 PM
Tunggu tanggal mainnya ya Mas…
chika
April 21st, 2009 at 5:36 AM
mas ronny
kemaren chika melakukan blitz reading pada mata kul yg theoris of learning yg setiap laki pertemuan da ujian lisan san itu juga da cata2nnya hasilnya luar biasa, tetapi pas chika menerapkan pada mapel stucture kok belum berhasil itu kenapa ya?? soalnya kan da rumus2 gt?? karena sekarang chika lg midtest jd belajarnya harus extra he..he… and chika mau tanya lg nech apakah BR itu bisa diterapkan untuk membuat bookreport kan chika da tugas nech…..padahal dibookreport kan harus mengetahui setiap katanya gt…. thanks ya mas……..
Ronny FR
April 22nd, 2009 at 3:34 AM
Kalau yang perlu hapalan banyak, bisa dibuatkan flash cardnya….
Kalau Book report itu apa yah?
chika
April 22nd, 2009 at 3:58 AM
maksudnya flash cardnya itu gmn ya mas??
bookreport itu chika disuruh baca buku dlm b.inggris and setelah itu disuruh buat laporan gt…. hal- hal pa saja yang kita dpt dr sebuah buku itu???
Ronny FR
April 24th, 2009 at 3:37 PM
Flash Card, paling gampangnya adalah suatu contekan dari selembar kertas.
Setiap lembar berisi satu konsep.
Dilihat sekelebatan : flash!
Bukan untuk nyontek ujian…
Untuk bookreport jelas bisa….
“Towel-towel” pikiran Anda dengan bertanya tanpa menjawab (lihat di ebook)
wenda
May 29th, 2009 at 6:00 AM
maw nanya neh..,
apakah utk mencoba memulai UBr harus artikel dulu…,
n kalo lgsung k sebuah buku bisa g??
makasi
Ronny FR
May 30th, 2009 at 12:08 AM
Bisa aja Wenda…
Artikel membuat kita lebih mudah mengawalinya….
ulquira
June 13th, 2009 at 2:44 AM
pak ronny workshopnya tolong dipercepat udah banyak yang nunggu nih dari tahun lalu
Ronny FR
June 14th, 2009 at 12:32 PM
Oke Mas
rasikun
June 20th, 2009 at 3:52 PM
p.ronny
sy mengenal nm bpk, lewat blog-nya p.fadhil,za(banyak tulisan beliau yg memberi pencerahan).Dr sini sy mendownload e-book UBR, lalu sy coba cari buku2 yg ditulis bpk di gramedia. hslnya nihil!
Tgl 19 juni kemarin, sy coba kontak bpk, tp tidak ketemu. Sy hanya ingin info, kpn bpk mau mengadakan pelatihan UBR di semarang? Tlg sy dikabari via email. Tks
salam kenal rasikun
Ronny FR
June 23rd, 2009 at 7:26 AM
Tunggu ya Mas…
UBR sedang dibuatkan skedul yang pas…
rasengan
June 23rd, 2009 at 10:38 AM
Pak Ronny saya mengharapkan sekali workshop UBR yang udah saya tunggu kabarnya sejak tahun lalu namun sampai sekarang belum terwujud. kalau bisa jangan sampai molor tahun depan lagi ya Pak. saya gunakan LOA biar cepat terwujud : )
Ronny FR
June 23rd, 2009 at 4:12 PM
Sabar pak…
Sedang dilakukan perbaikan prosedur utuk meningkatkan akurasi dan komprehensi…
Sip khan?
rasengan
June 24th, 2009 at 12:14 PM
wow makin gak sabar lagi nih ikuti workshopnya.
Ronny FR
June 24th, 2009 at 3:50 PM
Sippppp!
darkside
June 26th, 2009 at 7:36 AM
Pak apakah UBR bisa untuk membaca ebook atau halaman web?
Ronny FR
June 27th, 2009 at 2:37 AM
Tentu saja bisa…
Ada penjelasannya khan di dalam ebook
Hermawan
July 1st, 2009 at 2:08 PM
Dear mas Ronny,
Saya dari Oktober 2008 membaca, melakukan koq belum ada yang berhasil…
Kapan ada jadwal training di Semarang? Kalo bisa hari Libur ya…. Tapi jangan libur panjang.
Kalo yang dibaca dari komputer gimana cara membayangkan garis silang? Nggak apa2 jika garis silang mengenai tulisan?
Kalo pertama-tama langsung dilakukan pada kamus bisa?
Setelah membayangkan mata di atas kepala gimana? Aku ndak begitu mengerti setelah baca ebook. Apakah membaca daftar isi, kerangka, dll?
Haruskah saya membuat peta pikiran?
Saya selama ini koq nggak pernah merasa relax ya… sampai gampang memahami sesuatu… Gimana ini? Saya bingung…
Ronny F Ronodirdjo
July 2nd, 2009 at 6:06 AM
Dear mas Hermawan…
Saya jawab dari yang paling bawah :
Relaks adalah kunci penting untuk membuat kita konek dengan bawah sadar. Ini jalan yang harus dibuat agar bawah sadar kita siap bekerja.
Dibagian lain artikel saya (cabut gigi pakai NLP), ada cara melakukan relaksasi progresif, ini perlu Anda latih agar bisa relax.
- Garis silang adalah alat bantu agar kita tidak fokus di tulisan, fokus dihalaman putih dan denganmata yang lebut serta ekspansif. Jadi arisnya kena tulisan gakpapa.
- Dibahan bacaan apa saja, fokuskan saja keempat sudut pojok bahan bacaan itu, termasuk monitor komputer.
- Untuk kamus pertama kali, bisa!
- Intnya adalah, membayangkan, merasakan, seolah pandangan kita berasal dari atas kepala, sehingga sudut pandang jadi meluas.
- Peta pikiran adalah “alat” untuk menjebatani apa yang sudah kita download melalaui blitz reading, akan dapat “dipanggil” ulang ke dalam pikiran sadar.
kabal
July 6th, 2009 at 5:05 PM
Pak Ronny saya pernah mendengar tentang hal ini tapi caranya beda yaitu dihipnotis sampai kedalaman tertentu lalu disugesti untuk fokus ke suatu hal misalnya buku , jadi saat dalam kondisi tersebut bisa menghapal buku tersebut dalam waktu singkat.
lalu apa perbedaan UBR dengan membaca buku menggunakan hipnosis seperti yang saya ceritakan diatas?
terima kasih
Ronny F Ronodirdjo
July 7th, 2009 at 6:55 AM
Halo Mas Kabal yang baik…
Bedanya banyak :
1. Intention / niat
2. PV
3. Cara mata memfokuskan pada buku
4. Dilakukan SENDIRI, tanpa bantuan orang lain
dll
Setelah Mas membaca, pasti langsung dapat mengerti perbedaannya…
bimo braja
August 19th, 2009 at 3:42 PM
hipnotisme membuat banyak orang penasaran.mereka mengira hipnotisme adalah ilmu sihir yang sulit di pelajari
rahmat
August 25th, 2009 at 7:31 PM
sangat tertarik dengan nlp, setelah baca UBR… Mas Ronny sudah terbitkan buku ttg NLP?… pengin lebih jauh tahu ttg NLP sebelum ikut pelatihan. maksih
ronnyfr
September 29th, 2009 at 7:57 AM
Sedang ditulis Mas…
Sabar yah
mohamad ryan saputra
October 4th, 2009 at 9:06 PM
assalamualaikum, kak,,, saya boleh minbta izin buat download e-book nya?
Farhana
October 15th, 2009 at 11:35 PM
hi mas ronny,
outstanding…
mau belajar dan menjadikan segala sesuatu mudahpun saya yakin bisa dengan program2 NLP…
aku hana temennya dewi…
may i get your e-mail add? ada titipan untuk mas…
terima kasih.
cheers
hanzz
January 10th, 2010 at 3:55 PM
kapn ya diadakan workshop blitz reading ?
and biayanya berapa ?
thx
Gun
January 26th, 2010 at 3:07 PM
Pak Ronny,
Saya bisa memahami tehnik UBR untuk membaca buku cetak, tapi masih bingung dengan penjelasan UBR untuk membaca ebook. Kan penjelasannya kita harus fokus pada halaman putih. Apakah maksudnya mata kita tetap lurus menatap bagian tengah halaman ebook dan membuat tanda (x) imajiner di tengah2 halaman tapi berfokus pada empat sudut yang berwarna putih?
Terima kasih sebelumnya
Dina
March 9th, 2010 at 5:44 AM
Ketika saya coba merasakan mata ada di atas telinga, saya merasa leher dan rahang tegang dan kaku. Ada yang salah ? Bagaimana mengatasinya ? Thanx
sutrisno
March 16th, 2010 at 7:25 AM
Mas Rony,
saya tertarik utk ikut training ini tp saya lihat dijadwal pelatihan kok gak ada ya ? tlg bantu informasinya, tks
Leave a reply