Apakah NLP itu?

Saat ini NLP (Neuro Linguistic Programming) seolah tengah menjadi suatu bidang baru yang digandrungi oleh berbagai pihak di Indonesia. Mulai dari eksekutif papan atas, pengusaha, psikolog, dokter, olahragawan, dosen, bintang film bahkan sampai politisi. Sebenarnya apakah NLP itu ?

Beberapa sumber menyatakan mempelajari NLP mirip dengan mempelajari manual otak manusia, terkadang disebut sebagai people skill technology, atau disebut juga psychology of excellence. Intinya adalah mengetahui bagaimana cara kerja otak agar seseorang bisa menjadi tuan atasnya, bukan menjadi budaknya. Sedangkan para pengagas NLP sendiri merumuskan NLP sebagai The study of subjective experience .

Neuro merujuk pada otak / pikiran, bagaimana kita mengorganisasikan kehidupan mental kita. Linguistic adalah mengenai bahasa, bagaimana kita menggunakan bahasa untuk mencipta makna dan pengaruhnya pada kehidupan kita. Programming adalah mengenai urutan proses mental yang berpengaruh atas perilaku dalam mencapai tujuan tertentu, dan bagaimana melakukan modifikasi atas proses mental itu.

Sejarah dimulai ketika seorang ahli Mathematika / Computer Programming (Dr. Richard Bandler) dan seorang Profesor Linguistik (Dr. John Grinder) mempelajari keahlian sejumlah pakar dan terapis yang teramat sukses di bidangnya.

Richard Bandler dan John Grinder

Metode yang dipergunakan untuk mempelajari keahlian ini disebut sebagai modelling (ilmu memodel). Tokoh-tokoh awal yang dimodel adalah : Fritz Perls (Gestalt Psychotherapist), Virginia Satir (Family Therapist), Gregory Bateson (Anthropologist, cybernetics) dan Milton Erickson (Hypnotherapist). Setelah bertahun-tahun memodel, mereka berdua berhasil mengembangkan seperangkat teknik mental yang yang sangat berguna dalam dunia terapi.

Virginia Satir dan Milton H. Erickson

 

NLP lantas dipopulerkan oleh Anthony Robbins hingga meluas di USA dan seluruh dunia, belakangan Anthony Robbins membuat merek sendiri, yakni NAC (Neuro Associations Conditioning). Barisan pelopor NLP lantas mulai mengibarkan sayapnya merambah dataran aplikasi di luar terapi. Ilmu memodel ini dikembangluaskan untuk memodel berbagai keunggulan manusia; antara lain untuk memodel keunggulan dari orang yang berprestasi unggul di bidang komunikator, olahraga / atlit, leadership, sales, pengajar, bisnisman, karyawan, penyanyi, meditasi, dan berbagai orang sukses lainnya.

Modelling dalam NLP memungkinkan untuk mempelajari dan menduplikasi keahlian seseorang. Aplikasi modelling ini sungguh tak terbatas, nyaris bisa dikatakan “Bila ada seseorang pernah melakukan sesuatu hal, maka dengan modelling kita juga dapat menduplikasi agar bisa melakukannya juga”.

Melalui NLP kita bisa melakukan coding suatu perilaku unggul manusia dan memetakannya dalam suatu pola-pola inti tertentu. Pola-pola inilah yang kemudian disusun ulang dengan urutan dan kombinasi tertentu akan menjadi model of excellence yang dengan mudah untuk diduplikasikan kepada orang lain.

Beberapa nama besar yang tercatat menggunakan ilmu NLP dalam meraih kesuksesannya adalah : Bill Clinton, Andre Agassi, Lady Di, dan Nelson Mandela, dan masih banyak lagi.

Untuk belajar NLP, seseorang bisa memilih 2 macam pendekatan :

  1. Mendalami ilmu NLP, yakni dengan mengambil sertifikasi berikut : NLP Practitioner (biasanya 7-14 hari), NLP Master Practitioner (biasanya 14 hari), NLP Trainer, dan NLP Master Trainer.
    Umumnya orang-orang yang mendalami ilmu NLP memiliki goal untuk menjadi trainer, coach atau ahli di bidang NLP.
  2. Mempelajari aplikasi NLP tanpa mendalami ilmu NLP-nya sendiri. Misal mempelajari NLP at Work, NLP for Sales, NLP for Trainer, NLP For Customer Services, Objection Mastery, Personal Mastery, Therapy with NLP, Interview with NLP dan seterusnya. Biasanya training dilakukan dalam waktu 1-3 hari saja dengan biaya yang lebih terjangkau.
    Umumnya, para pengusaha, eksekutif, olahragawan, pengajar, politisi dan lain-lain yang tidak punya waktu lebih suka mempelajari NLP dengan cara ini. Dengan demikian mereka tidak perlu lagi meramu / memikirkan ulang bagaimana menggunakan NLP untuk keperluan mereka, tinggal dipraktekkan secara langsung.

Licensed Practitioner of NLP

Sinergy Lintas Batas

Comments

  1. Saya masih bingung mas… :(

  2. Nggak papa, bingung artinya ingin maju terus. Tandanya Anda berada dalam situasi conscious incompetence.
    Jika ikut training atau belajar teus pasti akan maju ke tahap conscious competence, dan jika dilatih terus akan pindah ke tahap excelence (unconscious competence).

  3. memang apa bedanya NLP dgn hypnosis ?
    dari segi mananya ?

  4. - NLP itu ilmu modelling
    - Hypnosis itu ilmu untuk (berkomunikasi) membawa seseorang memasuki alam bawah sadar .
    - Salah satu yang dimodel oleh NLP adalah keahlian melakukan hipnosis.

  5. saya baru membaca dan menenal tentang NLP….sebaiknya kita beritahukan segera kepada kerabat dan orang orang terdekat kita,masih banyak saudara-saudara kita yang aware dengan keberadaan ilmu ini

  6. Sepakat!
    Mari kita sebarluarkan ilmu NLP Pak…

  7. kapan dan dimana saya bisa ikut NLP Practitioner , NLP Master Practitioner, NLP Trainer, dan NLP Master Trainer ini ? ada bukunya ?

  8. Halo Livia,
    Untuk Pract dan Master, tahun depan akan kita laksanakan. Muga-muga sekitar Maret. Untuk level berikutnya, untuk sementara harus mengambil keluar negeri langsung.

  9. Assalamu ‘Alaikum Mas Ronny,

    Salam kenal sebelumnya. Sy Mithun, 20 thn, mhasiswa T. Informatika di salah satu perguruan tinggi di Bandung. Sy pernah mengikuti seminar anda bersama Ikhwan Sopa yakni “Cracking The Secret using NLP”. Awalnya sih iseng ikut seminar saja, tapi lama kelamaan saya makin tertarik mempelajari NLP, dan sy sangat berkeinginan untuk menggunakannya untuk mencapai apa yang saya cita-citakan serta dapat membantu orang lain.

    Btw, saya tidak punya latar belakang pendidikan/training yang berbau psikologi sama sekali, apa lagi background saya adalah komputer. Dapatkah saya me-mastery NLP? Sy harus mulai dari mana? Apakah ada pelatihan NLP di Bandung?

    Terimakasih banyak sebelumnya!

  10. Dear Mithun,
    Wa’alaikum salaam
    Latar belakang pendiri NLP juga bukan dari psikologi lho//// Richard Bandler dari Computer Programming juga kok!
    Jadi NLP emang ilmu terbuka justru ia menghindari eksklusifitas, NLP dibuat untuk membuat kehidupan menjadi mudah…
    Silahkan ikut NLP 4 Trainer, tidak diperlukan background training apapun sebelumnya….

  11. mas rony saya mirza,bukan suatu kebetulan saya mendengarkan seseorang

    berbicara tetang nlp,lalu saya cari tau di internet

    akhirnya saya ketemu webny mas rony!

    lah koq pas bgt dgn kondiisi saya,bener2 membutuhkan ilmu ini…

    mas saya mau belajar nlp melalui pendekatan yang pertama….

    februari insya allah saya ikut pelatihan dsurabaya,tolong donk di informasikan lebih

    lanjut tetang nlp d mirza_eros@yahoo.com tlng donk berapa investasinya ikut

    pelatihannya,biar saya bisa nabung dari sekarang,maklum saya seorang

    mahasiswa:)

  12. Luar biasa Mas Mirza…
    Saya yakin memang bukan kebetulan…

    Untuk NLP4Trainer di Surabaya saya rasa sedikit lebih murah dari jakarta (tahun 2007 memang lebih murah). DI jakarta untuk member Trainers Club sekitar 1,5 jt, non member sekitar 1,75jt. Surabaya biasanya dibawahnya sekitar 250rb-an gt lho….

  13. ooo…ngerti deh, tapi gimana ya, cara jadi ahli NLP biar bisa jadi orang yg menularkan kebaikan wat orang lain.

  14. Yak, kita bisa menularkan kebaikan ke orang lain wat berbagai cara. Jadi ahli NLP adalah salah satu pilihan bagus, karena teknik NLP akan bisa mempermudah kehidupan….

  15. dear mas ronny..
    pertama kali saya tau ttg NLP dari artikel di salah satu koran kemudian secara tidak sengaja saat saya mengikuti acara tahun baru di salah satu radio swasta di jakarta(mustang fm) terusterang walupun hanya beberapa jam mas ronny mengisi acara itu saya jadi lebih pasrah menjalani hidup sadar akan adanya hukum alam segala sesuatunya sudah ditentukan,,,hanya saja pada keadaan tertekan saya belum dapat menahan emosi..saya pikir apabila saya mengikuti pelatihan NLP secara continyu emosi saya dapat terkendali,,di jakarta dimana mas tempatnya peatihan itu? terus biayanya berapa? maturnuwon sanget geh mas,,

  16. Dear Ifa,

    Jika kadaaan tertekan, silahkan langsung step out, masih ingat khan? jadi keluar dari kondisi masalah dengan membayangkan itu terjadi diluar kita, kemudian dianalisis dari kondisi itu, maka emosi kita lebih netral dan ringan. Sehingga masalah lebih mudah dipecahkan.

    Untuk pelatihan NLP nampaknya sekitar bulan februarri akhir /maret

  17. pak, saya ingin menjadi seorang pembicara. tapi bingung mau mulai dari mana. kalau info tentang nlp 4 trainer anda sudah ada tolong di email ke saya ferdy.nando@yahoo.com.
    terima kasih yah.

  18. eh salah, saya mau nya info tentang NLP Practitioner (biasanya 7-14 hari), NLP Master Practitioner ^_^

  19. Halo mas..ronny..!!!
    Mas sy baru banget kenal yang namanya NLP ( dari ngobrol2 dgn teman yang hobi baca buku(transformation..Richard Bandler..!!)..sy pengen tanya kalow belajar lewat buku effektif apa tdk..ya apa lewat seminar lbh effektif….!!! n pse gmana buat dapet info (kalo bisa gratisan-maklum masi usaha blom jd pengusaha lagian kan kalo gratisan nyebarin ke tmen mahasiswa/pengannguran kan jd lbh gampang..hehehe) tentang NLP..!!

  20. mas rony saya tahu nlp pertamakali dr blognya mas dan saya sangat impres sekali jd saya cari informasi lain dari media lain , saya saat ini sedang menyelami dunia bisnis network kira2 training nlp mana yang harus saya pelajari mas n kalo di jakarta dimana tempatny , waktunya n biayanya mas. sukses buat mas.

  21. pertama kali dengar nlp dari ustadz pradipta. Saat ini beliau adalah Seorang Royal rown Ambassador di K-LINK. Saya pernah ikut NLP sedikit dalam training beliau. Beliau pernah berkata tidak akan lelah bekerja sampai kelelahan itu lelah mengejar kita. Luar biasa NLP, saya jadi ingin belajar lebih banyak lagi. Trimakasih

  22. Pak ronny, kapan diadakan lagi pelatihan NLP?
    mohon infonya ya

  23. Halo Ferdynando, Chiemot, Arief dan Aris…
    Untuk info pelatihan akan kita umumkan di sini lagi, dan akan kita email deh…
    Untuk belajar jadi trainer, paling baik magang jadi trainer dn nekat mentraining gratisan dulu untuk anak-anak yang lebih muda. pastikan isinya baik dan benar…

    Thanks atas kunjungannya

  24. ratupantaiselatan says:

    allow mas ronny….
    pertama kali mengenal NLP ketika saya lahir didunia…ketika saya menggunakan tangisan saya untuk membuat semua orang yang mendengarnya tersenyum dan bergumam kecil, membathin bahagia dan seribu ungkapan bahagia lainnya…
    hore!!! aku sudah berhasil mendapatkan perhatian mereka…
    dalam menjalani hidup pun tanda sadar kita sebenernya sudah ber NLP ria, ketika kita tahu teman kita tidak mengatakan yang sebenarnya dengan menelan ludah,
    atau tanpa harus bapak kita mengatakan kalau beliau tidak suka dengan apa yang kita lakukan, kadang kita tahu dan urung meneruskannya…
    mas Ronny yang terhormat…
    saya ga tahu pada siapa saya emsti curhat hal ini….
    jujur belakangan ini ketika metodologi, tehnik NLP mulai merebak, saya sedikit merasa prihatin dengan fenomena yang saya alami, dengar , rasakan dan lihat.
    memang tidak semua, namun beberapa orang yang saya tahu dan kenal, setelah belajar NLP kok jadi berubah ya…?
    berubah yang akan saya curhatkan malam ini adalah berubah yang bisa ber efek ketidak baikkan buat diri mereka sendiri.
    memang sih bukan urusan saya, cuman saya prihatin aja…
    kenapa yah mereka menganggap NLP seolah seperti senjata paling pamungkas dalam hidup ini, sehingga membuat mereka seolah juga jadi “keblinger”=”sombong” merasa paling hebat….
    paling keren….
    paling tahu cara hidup….
    (kebanyakan dari mereka adalah trainer atau “merasa dirinya trainer saya juga ga tahu)
    saya ga tahu pasti itu disadari atau enggak….karena saya memang bukan cacing yang hidup di perut mereka..hehehehhe…
    walopun saya ga tahu banyak NLP, NLp adalah attitude..(koreksi saya kalo salah ya mas)
    mereka sering berbicara didepan atau menulis didepan publik, dengan menganggap materi, metode, trainer lain lebih tidak bermutu dari beliau2 itu…
    huuufff….apakah itu termasuk attitude atau bukan…
    saya bukan siapa2, hanya seorang yang ga tau banyak tentang NLP, namun prihtin dengan fenomena ini…
    bukan NLP nya yang salah, NLP itu keren mas, namun bukan merupakan ilmu pamungkas untuk menghadapi hidup…
    karena sesungguhnya, Alqur’an itu masih banyak rahasianya….
    saya hanya ga pengen NLP menjadi korban mereka, dikala ada sebagian orang merasa kecewa melihat fenoma itu dan akan anti dengan NLP=> “NLP bisa membuat orang keblinger” itu sudah beberapa waktu ini saya dengar…
    usul saya :
    bagaima kalau ketika ada training NLP, juga ada pasca training nya
    karena NLP harus di rasakan…dan di praktekkan….
    jadi kayak workshop berkala gitu, dan jangan mahal2, bukan karena ga bisa menghargai ilmu, namun masih banyak lho diantara kita yang mau maju dan berubah = memberikan kesempatan mereka untuk investasi akhirat = dengan punya hubungan yang baik dengan manusia = punya hubungan yang baik dengan Tuhan

    thanks ya mas dah dengerin….

  25. Dear Mbak / Mas Ratu Pantai Selatan…

    Hehehe, nama yang sungguh fenomenal…
    Allllow juga, terima kasih atas tanggapannya.
    Memperhatikan tanggapan Anda, saya dapat merasakan bahwa Anda kedengarannya jago observasi, tajam beranalisa dan punya semangat kontributif…!

    Luar biasa, sungguh menarik, kita memang sudah nge-nlp sejak bayi.., suatu kesadaran yang fundamentalik. Salut dan respek!

    Gini aja,
    Pendapat Anda di sini sudah kadung memicu semangat saya menulis, sehingga cukup panjang. Jadi akan saya jadikan artikel saja, supaya lebih memiliki cakupan manfaat yang lebih luas dibanding jika saya tuliskan di kolom tanggapan ini. Mohon Ijin Ya Mbak / Mas…

    Terima kasih sekali, sudah percaya untuk ber-curhat pada saya..

    Tunggu deh, saya selesaikan artikel yang berbasis dari pertanyaan dan tanggapan Anda..

    Salam untuk kawan-kawan di Pantai Selatan…. : )

    Ronny F R

  26. ratu pantaiselatan says:

    hehehhe…..thanks for responding me…
    ratu…kalo umumnya sih cewek ya mas..
    wah pujiannya,,,,NLP banget deh…
    kalo artikelnya dah jadi aku dikasih tahu link nya yah ato tolong japri aku ya mas…
    have much incredible days

    warmest regards,
    “just ordinary person for “hope” extraordinary stuff” :)

  27. Oke deh ‘Mbak…

    Nanti saya khabari…,
    Insya’ Alloh beberapa hari ke depan ini…

    Thanks a lots

    Ronny FR

  28. Wayan Januadi says:

    Menarik.
    Ada keinginan untuk ikut trainingnya, bila perlu sampai bisa menjadi trainer.
    Namun saya masih karyawan yang waktunya tergantung perintah orang lain.
    Bagaimanapun menarik sekali.

  29. Halo Pak Wayan,

    Emang ilmu ini menarik sekali,
    Saya senang bisa membantu Bapak mengarungi lautan ilmu baru ini…
    Salam kenal Pak..

  30. ratu pantaiselatan says:

    still waiting……

  31. Untuk Nyi Roro Kidul, mohon sabar ya…

    Artikelnya belum selesai saya tulis, masih di komputer rumah, dan skrg masih sibuk ngider di bbrp kota. Nanti saya kabari segera…

  32. Dear Mbak Ratu Pantai Selatan….

    Sudah saya tuliskan artikel sesuai dengan janji saya pada mbak… Silahkan ditemukan di artikel terbaru :

    “Pengalaman adalah guru terbaik, apakah kita sudah siap menjadi murid yang baik?”,

    Silahkan di klik di :

    http://ronnyfr.com/index.php/2008/09/18/pengalaman-adalah-guru-yang-terbaik-apakah-kita-sudah-siap-menjadi-murid-yang-baik/

  33. manusiapenuhide says:

    Pak Ronny,
    saya ini termasuk orang yg terlalu banyak ide,bahkan orang bilang ide-ide saya sangat cemerlang, tapi ya gitu sayangnya sangat susah untuk mengimplementasikan hingga akhirnya jadi disorientasi khususnya terhadap karir masa depan saya saat ini,
    bisa nggak metode NLP ini membantu ya?
    kebetulan saya sedang coba mengenal NLP melalui buku yg dikarang David Wee dan Thomas Lum klo gak salah (yg nama keduanya lupa2 inget)

  34. mybrainishangingup says:

    mas Ronny,,,
    td tuhh saya ikut seminar hypnotherapy yg di psycho ugm tuhh,,,saya jdi tertarik bgd ma nlp ini,,,yah,pgn ikut training2nya gtu lah,,tp ko mahal bgd yah kyknya,,,trz bwt mahasiswa kyk saya ini yg notabene gag ad budget gede gmn ya mas klo pgn m’dalami nlp ini?

  35. Halo Manusia Penuh Ide…

    Anda punya kelebihan yang luar biasa!
    Itu merupakan asset yang amat mantap!

    Silahkan cari materi berjudul Disney Strategy dalam literatur NLP.
    Insya Alloh akan menjadi solusi bagi Anda.

    Mengenai buku itu, cukup bagus tapi tidak mendalam. Mirip bunga rampai saja…

    Salam kenal untuk Anda

  36. Dear mybrainishangingup

    Kalau begitu silahkan mulai dari mengikuti pelatihan yang lebih pendek-pendek. Kemudian perdalam melalui buku, artikel, dan berasosiasi dengan para pembelakjar NLP lainnya.

    Lantas, mulai membagikan ilmu, hasilnya ditabung….

    Setelah itu, pilih pelaihan NLP yang lebih panjang dan berlisensi…

    Demikian siklusnya diulang-ulang..

    Pasti menghasilkan….

    Sebenarnya tidak ada barang/jasa yang mahal, yang terjadi hanyalah kita belum ada uangnya…

    Nah silahkan baca artikel saya mengenai cara mencari uang untuk ikut pelatihan NLP….

    Salam Kenal Mas / Mbak…

  37. manusiapenuhide says:

    Great Monday Pak Ronny,
    tenkyu banget buat respon dan motivasinya…
    knp saya bilang motivasi, karena kalimat bapak yang “Anda punya kelebihan luar biasa” mentrigger spirit saya sehingga frekuensinya jadi tune in kembali… :-), dan sekarang setelah saya sedikit mulai mempelajari NLP, memang benar yang orang bilang ya Pak, khususnya bagi orang awam seperti saya, sangat tipis sekali bedanya antara metode NLP dan Hypnotherapy ya?

  38. Halo juga Manusia Penuh Ide…
    Sip Kalau begitu.

    Soal perbedaan NLP dan Hypno, bisa dilihat dari perspektif.

    Jika kita lihat NLP sebagai teknik, maka NLP dan Hypno sama-sama ilmu yang mengutak-atik bawah sadar, mengubah program mental, dll.

    Dari sisi NLP sebagai metodologi (modelling), NLP dan Hypnosis sangat berbeda. karena Hypnosis adalah ilmu yang teknis, bukan ilmu memodel.

    Semoga membantu

  39. manusiapenuhide says:

    Super Tuesday Pak Ronny,
    Trims atas penjelasannya ya Pak,
    memang sih Pak setelah saya banyak membaca artikel tentang NLP jadi sedikit lebih bisa membedakan dengan Hypnosis…tapi tetep kadang2 masih bingung…:),
    btw…Pak mengenai Disney Strategy boleh dong mas dibuatin artikelnya ya, atau mungkin ada referensi link ataupun judul buku yang bisa direkomendasikan ya Pak

  40. Kalau buku adalah “Strategy Of Genius” dari Robert Dilts.
    Webnya juga punya Robert Dilts http://www.nlpu,com

    Sip banget itu…

  41. Salam kenal mas Ronny,
    Sebenarnya saya masih bingung siapa anda, dan apa NLP. Awalnya saya baca blog tentang Trenggalek kota kelahiran saya. Dan saya coba baca artikel tentang NLP dan ada sidikit gambaran tapi masih sedikit banget. Semoga kedepan saya lebih dong tentang NLP. Matursuwun.

  42. Halo Mas/Mbak Ari,
    Terima kasih atas kunjungannya.
    Semoga NLP bermanfaat untuk Anda dan kawan2 di Trenggalek.

    Salam!

  43. adam nova says:

    mas, untuk pelatihan yang tgl 24-31 tempatnya dimana..insya alloh saya ikut..

    Rgds

    Adam Nova

  44. Halo Mas Adam,
    Di Hotel Santika Premiere, KS Tubun Jakarta barat. (Belakang JDC).

    CU there!

  45. asLkum…
    pak ronny, sya mahasiswa fak.psikologi UMM. sebenarnya sya di rekomendasi oleh dosen saya Pak Jek (Zakarija Ahmat) untk mencari tahu tentang pak Ronny+NLP. menurut beliau NLP ini termask dalam positive psychology. bagaimana dengan pengaplikasian positive psychology berbasis NLP ini dalam menghadapi krisis global sekarang. dari yang sy baca di Jakarta Post diprediksikan skitar 90% perusahaan kecil akan memPHK karyawannya dan perusahaan besar sekitar 3-4% karyawannya pada tahun ini. apakah melalui NLP dapat menjadi solusi bagi sebuah perusahaan untuk tidak mengambil keputusan PHK sebagai solusi dalam menghadapi krisis global ??

  46. Assalamualaikum, Mas Ronny

    Duh! udah nggak sabar nih rasanya nunggu tanggal 24 januari…Pasti Luar biasa!

  47. Sip Mas Anwar

    CU there!

  48. claseryan says:

    Ryan 30thn (Team Leader)Jujur ni ilmu kayaknya cck bgt dgn yg ku cari.kebetulan / tdk aku sdg di promosikan sebagai sales supervisor.naifnya dari pribadi saya sendiri blm menyadari akan potensi diri dan masih mencari format sebagai leader,parahnya lagi dlm mentalitas saya merasa hanya bisa sebagai pekerja(bawahan).gimana nih mas?.dr mana saya hrs belajar.tlg email saya link /ebook yg bisa saya unduh.mgkn kalo untuk ikut NLP bth dana & waktu luang,itu masih kendala bg saya.
    Ok makasih sebelumnya mas.di tggu emailnya

  49. Hai Ryan,

    Kesadaran yang Anda miliki adalah asset berharga untuk memulai semuanya.
    Sekarang tinggal menguatkan niat, dan terus beljar dan berbuat.

    Untuk ebook, saya rasa tinggal di browsing di Google, pasti banyak.

    Atau kunjungi portalnlp.com. Banyk sekali artikel di sana.

    Salam!

  50. junkee^^ says:

    akhr2 ini saya bnyk mendengar tentang nlp..bwt pak rony..mohon dijelaskan secara singkat cara kerja nlp thd otak qt..?

    saya juga pnya software aplikasi untuk meningkatkan nlp session sampai 200%(namun saya belum mencobanya),software ini menghasilkan frekuensi suara yang unik yang disebut binaural beat frequency.cara penggunaanya dengan mendengarkan suara tsb dan mendengarkan kata2 afirmasi positif yang telah kita rekam dan sambil memvisualisasikan kesuksesan yang akan di capai. pertanyaan saya apakah perbedaan training nlp anda dengan software nlp tsb?

    dan lebih efektif mana?

  51. Halo Junkee…

    NLP ibaratnya adalah suatu manual, petunjuk cara menjalankan ota dan pikiran serta emosi kita supaya lebih efektif dan efisien. Sehingga kita memiliki kendali atas mereka, dan bukannya dikendalikan oleh pikiran/emosi kita.

    Software NLP adalah suatau kesalah-kaprahan, sebab, NLP bukanlah suatu kondisi pikiran, NLP bukanlah suatu yang bisa dicapai dengan afirmasi.

    NLP adalah suatu attitude, sikap dan metodologi untuk membuat otak kita bisa bekerja secara lebih baik (manual).

    Melalui NLp kita bisa menghilangkan phobia, bukan melalui afirmasi, namun menggunakan teknik tertentu. Kita bisa mengedit pengalaman masa lalu (bukan melalui software mp3 dan afirmasi), namun melalui teknik program ulang pikiran, dll…

    Singkatnya, program binaural beat semacam itu hanyalah caa mencapai kondisi geombang pikiran tertentu, dan bisa dikombinasikan dengan suara afirmasi. NLP jauh…, jauh lebih lengkap dan jauh lebih efektif dari program semacam itu.

    Program binaural beat, hanya salah satu cara mencapai tujuan mental kita saja.

    NLP mengajarkan buanyak sekali cara….
    idak semuanya berkaitan dengan felombangpikiran, hanya beberapa saja yang perlu gelombang pikiran tertentu….

  52. Dear Mas Ronny,
    Saya blm tau banyak ttg NLP. Tapi dari beberapa komentar dan tulisan2 yang sy baca di sini, kayaknya ini yg sy butuhkan, benar ga sih, tolong dikoreksi.
    Waktu sy baca artikel P’Adi Gunawan “Kuburan …” sy merasa bhw sy blm menggali potensi diri sy yg sesungguhnya. Ato emang sdh final tanpa disadari ya? Yg pasti sy ga tau pasti ttg hal itu. Cuma kadang2 sy ga yakin dg diri sy bhw sy udh maksimal dan mentok sbg guru. Jujur aja latar belakang pendidikan sy ga sesuai dg profesi sy skrng. Apalg shio sy bilang sy ga cocok jd guru. Trus sy br tau kalo sy termasuk org melankolis yg smpurna. Jd kalo ada ssuatu yg ganggu, biasanya sy lama tertekan, susah utk melepas emosi itu. Emang udh itu takdirnya? Trus sy jg suka mikirin macam2 jd ga bs buat meditasi ato hening krn pikiran sy sgt sibuk ke sana ke mari. Buat fokus pd anchor itu amat susah. Gmn ya solusinya? Mas, kasi kita jadwal pelatihan buat pemula spt sy ini, apa mungkin buat di batam ya?
    Tnx n salam,
    Nida

  53. Ronny FR says:

    Dear Mas/Mbak Nida…

    Perbedaan manusia dengan mahluk lain di muka bumi ini adlah kita jauh lebih sempurna, sehingga alam semesta termasuk malaikat dan setan harus bersujud didepan kita saat diminta Alloh SWT.

    Potensi manusia tidak penah mentok,karena kita tidak pernah tahu seberapa luas samudra potensi manusia atas karuniaNya.

    Latar belakang dan Shio tidak cocok? Lupakan latar belakang, yang penting latar depan. Kalau latar belakang yang menentukan sukses seseorang, amaka hanya sedikit ornag bisa sukses….

    Solusinya?
    Belajar NLP dari manapun….
    Buka pikiran , open mind…
    Berdo’a sesuai agama Anda

    Salam sukses

  54. ada gak ya sekolah nlp di padang ???
    biar bisa jadi trainer juga…

  55. Mas Ronny yang ganteng, kapan jadwal pelatihan di batam ? sy rasa banyak yg pingin nih, karena disini kebanyakan kita sebagai pekerja sering mentok dalam memanfaatkan kelebihan yg tidak kita sadari. kalau bisa jadwal batam secepatnya lah…thanks
    Idris

  56. Desi
    Setahu saya belum ada…

  57. Mas IDris,
    Seingat saya ada jadual di Batam deh, silahkan lihat di http://www.belajarNLP.com

  58. maaf pak, saya seorang mahasiswa… saya ingin mengikuti pelatihan NLP, kapan jadwal pelatihanny di jogja?? kira2 biayany berapa???
    terima kasih…

  59. Herbert Leo says:

    Mas Ronny, saya tertarik ingin mengikuti training NLP. Pekerjaan saya adalah karyawan BUMN tetapi saya juga menggeluti network marketing. Tentunya dengan ikut NLP saya bisa berharap banyak untuk sukses di kedua bidang yang saat ini saya jalankan. Apakah ada training di bandung dalam waktu dekat ini dan berapa biayanya?

  60. Hariyanto says:

    Mas Ronny, ada orang yang bilang NLP adalah sama saja dengan Hipnotis, apakah benar? mohon penjelasannya, thanks before…

Trackbacks

  1. [...] menjadi gejala sehari-hari biasa. Jika Anda ingin tahu apa itu NLP silahkan baca artikel “Apakah NLP” di bagian akhir blog [...]

  2. [...] Sebelum saya lanjutkan artikel ini, maka berikut ini kutipan pertanyaan Mbak ‘Ratu Pantai Selatan’ secara komplit : ratupantaiselatan Says: August 7th, 2008 at 6:46 pm [...]

  3. [...] masih awam dengan NLP / Hypnosis, silahkan baca dulu artikel “Apakah NLP Itu?” dan artikel “Apakah Hypnosis Itu?“, keduanya ada di bagian paling bawah blog [...]

  4. [...] menjadi gejala sehari-hari biasa. Jika Anda ingin tahu apa itu NLP silahkan baca artikel “Apakah NLP” di bagian akhir blog [...]

  5. [...] masih awam dengan NLP / Hypnosis, silahkan baca dulu artikel “Apakah NLP Itu?” dan artikel “Apakah Hypnosis Itu?“, keduanya ada di bagian paling bawah blog [...]

  6. [...] Saya pun membaca tentang NLP di buku #QuantumReading. Di buku itu disebutkan bahwa #QuantumReading mencakup aspek-aspek penting dalam program neurolinguistik (NLP), yaitu suatu penelitian tentang bagaimana otak mengatur informasi. Program ini meneliti hubungan antara bahasa dan perilaku dan dapat digunakan untuk menciptakan jalinan pengertian antara siswa dan guru.  Saya pun mencari tahu lebih dalam hingga sampai di sebuah blog yang membahas lebih dalam mengenai NLP. Bagi yang ingin tahu apa itu NLP bisa berkunjung  ke sini. [...]

Leave a Reply